Sampai Hati, Dugaan Ijasah Palsu Putri VAP Muncul Lagi saat Elektabilitas Menanjak -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Sampai Hati, Dugaan Ijasah Palsu Putri VAP Muncul Lagi saat Elektabilitas Menanjak

editor: hut_kamrin
Sabtu, 13 Juni 2020

Shintia Gelly Rumumpe, Wakil Ketua DPRD Minut. Foto: Istimewa
Manado, KOMENTAR.ID -- 
Laporan dugaan ijasah palsu anggota DPRD Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Shintia Gelly Rumumpe (SGR) terungkit lagi. Aneh bin janggal menurut sejumlah kalangan, ipal SGR muncul kembali saat putri Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan (VAP) itu sedang gencar-gencarnya menaikan elektabilitas menjelang Pilkada 2020. SGR praktis tiap hari menolong masyarakat yang berkesusahan lantaran dampak pandemi Covid-19. 

"Saya kurang mengerti, kenapa tiap orang yang sudah tertambat di hati masyarakat selalu diguncang ijasah palsu, isu korupsi dan lain-lain. Masalah yang sudah usang, selalu diungkit-ungkit. Ini menyakitkan. Sampai hati," komentar Ady Maukar, pemuda Kalawat, Minut, kepada KOMENTAR.ID, Sabtu (13/6/2020).

Lanjut dia, sangat tidak logis bahwa ipal SGR digugat, sementara politisi Nasdem itu sudah dua periode menjabat anggota DPRD Minut. "Ada kesan ini cuma isu yang dipaksakan. Kenapa cuma SGR yang diganggu. Ini kan cara kotor," jelas Ady.
 
SGR menjadi sorotan sejumlah media daerah maupun media nasional. Ia terseret dalam pusaran dugaan kasus ijazah palsu. Dia resmi dilapor Ketua LSM Minut Connection Noldy Awuy ke Polres Minut. Laporan tersebut teregistrasi nomor: STPL/666/IX/2019/ SLT/Res.Minut, tertanggal 30 September 2019.

Laporan polisi nomor 666 di Polres Minut belum ada penindakan lebih lanjut. Si pelapor menduga SGR menggunakan ijazah dari SMU Pelita 3 Pulo Gadung Jakarta Timur yang diduga palsu.

Berkas ijazah tersebut dimasukan pada dokumen pencalonan DPRD Minut periode 2014-2019 silam. SGR yang maju dengan Partai Gerindra berhasil terpilih sebagai wakil rakyat.

Pencalonan periode berikutnya SGR ganti partai. Kali ini dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Kembali Shintia kedua kalinya terpilih bahkan menduduki jabatan Wakil Ketua di DPRD Minut. (***)