Polda-Kejaksaan Didesak Usut Gedung Radiologi RSUD Kotamobagu -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Polda-Kejaksaan Didesak Usut Gedung Radiologi RSUD Kotamobagu

editor: allan_frank
Rabu, 17 Juni 2020

Kejati Sulut.

Manado, KOMENTAR.ID


Pembangunan gedung radiologi RSUD Kotamobagu diduga kuat sarat korupsi, mendapat perhatian kalangan masyarakat. Permasalahan yang sempat heboh tahun 2019 lalu, hingga kini disinyalir belum disentuh penegak hukum.

Mirisnya, gedung tersebut dibangun dengan nominal rupiah yang fantastis karena mencapai Rp 3,3 miliar. Namun sayang, ditengarai tidak sesuai spesifikasi yang bertabrakan dengan peraturan yang mengatur keselamatan radiasi dalam produksi pesawat sinar-x radiologi diagnosis dan intervensional.

"Kami meminta penegak hukum baik Polda Sulut atau Kejati Sulut, mengusut dugaan penyimpangan radiologi. Sebab diduga kuat uang negara di kebiri untuk meraup keuntungan pribadi," desak Calvin Castro, salah satu pegiat antikorupsi Sulut.

Kejati Sulut merespon desakan tersebut. Melalui Kepala Seksi Penerangan Hukum, Yoni Mallaka mengatakan, Apabila ada warga melaporkan secara resmi, tentu Kejaksaan akan mengusut dugaan tersebut. Sebab, kasus dugaan tipikor menjadi salah satu atensi Kejaksaan.

"Bila ada laporan masyarakat ke Kejaksaan Tinggi akan Kami tangani sesuai SOP atau prosedur yang ada. Bila laporan berasal dari daerah Kabupaten/kota sedapat mungkin ditangani oleh Kejaksaan Negeri dimana tempat kejadian berada agar memudahkan penelitian/pemeriksaan dengan pengendalian dari Kejaksaan Tinggi Sulut kecuali, seperti yang kami jelaskan diatas perkara penting atau menarik perhatian Masyarakat atau Kepala Daerah dapat ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Sulut atau Kejaksaan Agung RI," tegas Mallaka.