Pilkada Bergeser ke Desember, Bawaslu Minsel Aktifkan Lagi Panwascam -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pilkada Bergeser ke Desember, Bawaslu Minsel Aktifkan Lagi Panwascam

editor: komentar.id
Jumat, 19 Juni 2020

Pimpinan Bawaslu Minahasa Selatan. (Istimewa/Komentar.ID)

Amurang, KOMENTAR.ID

Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Minahasa Selatan secara resmi mengaktifkan kembali jajaran panwas kecamatan (panwascam) yang sempat dirumahkan akibat situasi pandemi Covid-19. 

Jajaran panwascam resmi diaktifkan sejak 15 Juni 2020 lalu sebagai tindaklanjut instruksi dari Bawaslu RI.

Kordiv Hukum Bawaslu Minsel Franny Sengkey SE menjelaskan, diaktifkannya tenaga ed hoc di tingkat kecamatan dan desa merupakan keputusan bahwa tahapan pilkada yang sempat ditunda telah dilanjutkan kembali.

Selain tenaga ad hoc panwascam, jajaran ad hoc di wilayah KPU juga sudah diaktifkan termasuk PPK dan jajaran PPS.

Dijelaskan Sengkey, hal ini juga didasari dari munculnya Peraturan Pengganti Undang Undang (PERPPU) No 2 tahun 2020 dimana salah satu pointer inti penundaan Pilkada dari 23 September 2020 sesuai UU Nomor 10 tahun 2016 telah ditunda menjadi 9 Desember 2020 berdasarkan PERPPU no 2 Tahun 2020.

Diketahui sebelumnya Bawaslu Minsel merumahkan panitia pengawas pemilu yang ada di tingkat kecamatan dan kelurahan/desa. Ada 347 orang yang menjadi pengawas pemilu dan staf yang dirumahkan.

"Teman-teman ini hanya dirumahkan sementara menunggu sampai adanya kejelasan pilkada serentak. Kalau tidak salah mereka dirumahkan sejak awal April lalu dan akan segera diaktifkan kembali,” tukas Sengkey.

(kid)