PDIP: Kontestan Pilkada Paling Teratur di Tahun Politik -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

PDIP: Kontestan Pilkada Paling Teratur di Tahun Politik

editor: hut_kamrin
Minggu, 21 Juni 2020

Fabian Kaloh S.IP MSi (kiri) dan Hengky Kawalo SE. Foto: Kolase KOMENTAR.ID
Manado, KOMENTAR.ID --
Menyongsong Pilkada 2020, PDIP Sulawesi Utara praktis tidak gaduh menjalankan mesin partai. Memiliki sistem dan struktur yang rapi, menjadi alasan PDIP paling tertib di pesta demokrasi.

Sejumlah pengurus memandang, prinsip kaderisasi yang ditandai dengan pendidikan semangat perjuangan partai, melahirkan karakter figur yang mengutamakan soliditas dan loyalitas.

"Tidak heran PDIP begitu rapi dan teratur. Kader yang militan tidak pernah berkecil hati, karena meletakan perjuangan dalam semangat kebersamaan. Perjuangan kader adalah perjuangan partai," komentar politisi PDIP Manado Hengky Kawalo SE, kepada KOMENTAR.ID.

Indikasi yang paling menonjol dalam menghadapi Pilkada, menurut pengurus PDIP Sulut Fabian Kaloh SIP MSi, yakni gerakan simultan mesin partai yang terarah dan mengikuti alur instruksi pimpinan.

"Koordinasinya jalan, konsolidasi bergerak, komunikasi sistematis, kaderisasi jelas. Bukan mesin rongsokan. Bukan juga kendaraan rakitan yang terbentuk dari unsur-unsur dadakan dari luar. PDIP partai yang melahirkan kader dan mendidik calon pemimpin," jelas Kaloh yang juga menjabat Wakil Ketua PDIP Bidang Maritim, Minggu (21/6/2020), di Manado.

Menanggapi kesiapan mementas di gelanggang Pilkada 2020, Kaloh mengatakan, PDIP terus bekerja dengan sistem yang terbuka. Letak keterbukaan partai kata Kaloh, pertama, menerima masukan semua elemen masyarakat mengenai tujuan pembangunan daerah.

"Entah itu aspirasi rakyat yang masuk di dewan, kontribusi gagasan dan aspirasi yang terjaring di lapangan, termasuk tokoh-tokoh masyarakat yang menghendaki kemajuan Sulut, PDIP tetap menindaklanjuti dengan semangat keterbukaan," jelas Kaloh.

Kedua, PDIP juga tidak eksklusif dalam hal kerjasama membangun daerah dari sudut pandang kemitraan partai politik. "Kita juga menggandeng semua elemen, menerima potensi figur dan termasuk partai lain yang memiliki komitmen kebersamaan memajukan Sulut bareng-bareng. Tidak menutup diri. Sepanjang tujuan kita sama, memperjuangkan kesejahteraan rakyat, dengan visi dan misi yang jelas," tandas legislator Sulut dapil Minut-Bitung itu.

Dalam perbincangan internal partai, Kaloh amat yakin PDIP mampu memenangkan Pilkada 2020, karena soliditas struktur partai yang sudah matang sampai ke tingkat ranting. "Itu instrumen penting yang menjadi roh kemenangan PDIP nanti," tandas Kaloh.

Diketahui, dari 171 kecamatan dan 1.838 Desa/Kelurahan di Sulut, jumlah personil PAC PDIP ada 1.881 orang, dan personil pengurus ranting 16.542 orang. (***)