OD Instruksikan Semua Fraksi PDIP Kawal Aspirasi Rakyat di Kabupaten/Kota -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

OD Instruksikan Semua Fraksi PDIP Kawal Aspirasi Rakyat di Kabupaten/Kota

editor: hut_kamrin
Minggu, 21 Juni 2020

Ketua PDIP Sulut Olly Dondokambey SE (kiri) dan personil Fraksi PDIP DPRD Sulut Fabian Kaloh SI.P MSi, saat menyerahkan bantuan ke pengurus ranting dan PAC se-Bitung, Sabtu (20/6/2020). Foto: Istimewa

Bitung, KOMENTAR.ID -- 
PDI Perjuangan (PDIP) tetap konsisten menyuarakan aspirasi rakyat. Ketua DPD PDIP Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE (OD) mewajibkan Fraksi PDIP di DPRD Sulut menjadi pengawal kinerja semua Fraksi PDIP di DPRD Kabupaten/Kota. Tujuan penugasan ini, agar PDIP bekerja lebih solid, optimal dalam pengawasan anggaran publik, intens mengevaluasi kinerja eksekutif dan terutama menyuarakan aspirasi masyarakat. Perintah yang cukup menonjol yakni mengawasi anggaran penanganan Covid-19.

Pesan ini disampaikan OD dalam kunjungannya ke Kota Bitung, Sabtu (20/6/2020). OD ikut didampingi anggota Fraksi PDIP DPRD Sulut Fabian Kaloh MSi.
Legislator daerah pemilihan Minut-Bitung itu mengatakan, perintah DPD PDIP Sulut cukup jelas.

Kaloh pun meminta Fraksi PDIP Bitung mencontohi kinerja DPRD Sulut.
Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Sulut bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), personil PDIP tergolong agresif membongkar total dana Covid-19, termasuk kinerja anggaran.
"Kami tanyakan secara detail penggunaan dananya, apa saja yang dibelanjakan, berapa besar dana bansos, bahkan sampai isi dalam tas bansos kami tanyakan dan cek distribusinya," ungkap Kaloh kepada KOMENTAR.ID.

Kinerja ini menurut dia, harus menjadi karakter kerja PDIP di dewan. "Harus tunjukan fungsi pengawasan dewan. APBD disusun bareng DPRD, dikelola oleh emerintah daerah. Yah kami mengawasi dong," ujar Wakil Ketua DPD PDIP Sulut Bidang Maritim itu.

Begitu juga dengan tatakelola penerintahan lainnya, PDIP tetap kritis jika ada yang tidak sesuai dengan aturan dan berdampak pada rakyat. Tugas anggota dewan juga untuk menyampaikannya.

"Di sisi lain, perintah Ketua DPD tersebut menjadi bagian dari kami sebagai Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sulut untuk mengontrol fraksi. Kami wajib memantau kinerja fraksi di Bitung untuk selanjutnya melaporkan ke Ketua DPD Sulut," tandas Kaloh.

Diketahui, memperingati Bulan Bakti Bung Karno, PDIP Sulut menyalurkan 20.000-an paket sembako kepada seluruh pengurus ranting dan PAC se-Sulut. OD menyerahkan sembako di wilayah Minahasa Utara dan Bitung.

Penyerahan dilakukan secara simbolis, diwakili Ketua PAC dengan menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kegiatan ini adalah amanat dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri agar kader di jajaran eksekutif dan legislatif bergotong-royong di masa tanggap darurat Covid-19,” ujar OD.

Untuk masyarakat umum, setiap kader maupun setiap DPC di Kabupaten/Kota sudah melakukan kegiatan aksi sosial dan sampai saat ini masih berlanjut. Kalau yang sekarang adalah bentuk perhatian kepada seluruh pengurus ranting dan PAC.

“Jadi, ke masyarakat umum kita berbuat, ke pengurus internal kita peduli,” terang OD.

Diketahui, dari 171 kecamatan dan 1.838 Desa/Kelurahan di Sulut, jumlah personil PAC PDIP ada 1.881 orang, dan personil pengurus Ranting 16.542 orang.

Bantuan yang diserahkan di Minut 1.289 paket dan Bitung 709 paket. (***)