Minimalisir Penyebaran Covid-19, Pasar Karombasan Bakal Direkayasa -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Minimalisir Penyebaran Covid-19, Pasar Karombasan Bakal Direkayasa

editor: komentar.id
Kamis, 11 Juni 2020

Sejumlah pedagang Pasar Karombasan saat mengikuti rapid test. (Istimewa/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut DEA meminta saran dan masukan kepada jajaran Direksi PD Pasar Manado menyangkut strategi antisipasi penyebaran Covid-19 yang berpotensi terjadi di lingkungan pasar tradisional.

“Kita semua harus bisa mendapatkan solusi baru guna memutus rantai penyebaran (Covid-19) di Pasar Pinasungkulan atau klaster Karombasan,” pinta Lumentut dalam rapat yang digelar via video conference (vidcon), belum lama ini.

Dalam rapat tersebut, dibahas opsi penutupan sementara dan kemungkinan rekayasa pasar serta penataan pedagang sambil tetap menerapkan social distancing/physical distancing. 

Sementara opsi pemindahan aktivitas pedagang di seputaran Stadion Klabat sudah ditiadakan.

Walikota Vicky Lumentut mengatakan, mengingat semakin seriusnya situasi di Pasar Karombasan, maka wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan ketat serta disiplin.

“Semua wajib melakukan protokol kesehatan ketat. Pedagang akan diatur jaraknya seperti pasar rakyat di Solo yang menggunakan jalan di seputaran pasar untuk sementara dijadikan tempat jualan dengan mengikuti protokol kesehatan dengan jaga jarak,” jelas Lumentut.

Ia menambahkan, nantinya usulan penutupan sementara dan rekayasa pasar dan penataan pedagang di jalanan pasar pinasungkulan akan dibahas lagi bersama Forkopimda dan DPRD Kota Manado. 

(kid/*)