Kemenag Siapkan Asrama Haji Tuminting untuk Rumah Singgah ODP -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Kemenag Siapkan Asrama Haji Tuminting untuk Rumah Singgah ODP

editor: hut_kamrin
Rabu, 17 Juni 2020

Tim Gugus Tugas Covid-19 Pemprov Sulut meninjau asrama haji di Tuminting, Manado, Rabu (17/6/2020). Foto: Istimewa
Manado, KOMENTAR.ID -- 
Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara menyiapkan Asrama Haji Sulut sebagai rumah singgah Orang Dalam Pemantauan (ODP). Kemenag akan menandatangani MoU atau nota kesepahaman penyerahan wewenang pengelolaan asrama bersama Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Provinsi Sulut.

Pada Rabu (17/6/2020), tim gugus tugas Pemprov Sulut dan Pemkot Manado secara bergantian meninjau asrama haji yang berada di Tuminting. "Kunjungan bermaksud mempersiapkan keperluan rumah singgah ODP," kata Kabid PHU H Rikson Hasanati MPd.I, Rabu (17/6/2020), di Manado.

Kunjungan awal diikuti Wakil Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara, bersama Camat, Kapolsek, Lurah Tuminting dan Kepala Lingkungan III dimana asrama haji berada. Menyusul Dinas Kesehatan Provinsi Sulut dan Kota Manado.

Mantan Kepala Kemenag Kabupaten Kepulauan Sangihe ini menjelaskan, setelah penandatanganan MoU antara Kantor Wilayah Kementerian Agama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, maka secara teknis pengelolaan asrama haji berada dalam kewenangan Gugus Tugas Covid-19. 

"Ini kontribusi Kanwil Kemenag Sulut untuk membantu pemerintah,  mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepala BPBD Manado yang juga Wakil Sekretaris Gugus Tugas Donald Sambuaga MSi berterima kasih atas kesediaan Kemenag khususnya bidang penyelenggara haji dan umrah menyiapkan tempat rumah singgah ODP.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, asrama haji sudah bisa kita gunakan sebagai rumah singgah," ungkap Sambuaga. (***)