Duluan Mana: Telur atau Ayam? Penasaran, Baca Penjelasan Ilmiahnya di Sini -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Duluan Mana: Telur atau Ayam? Penasaran, Baca Penjelasan Ilmiahnya di Sini

editor: komentar.id
Kamis, 18 Juni 2020


SETIAP orang pasti punya jawaban dan argumen berbeda dari satu pertanyaan ini: Duluan mana, telur atau ayam..? 

Siapa sangka, pertanyaan soal duluan mana ayam atau telur ini sudah pernah diteliti lho. Jadi bukan sekadar lelucon! Ini dia jawaban dari pertanyaan duluan mana ayam atau telur!

Stephen Hawking Berpendapat Jawabannya adalah Telur Duluan


Pertamanya kita menganggap pertanyaan ini hanya sebatas diskusi lelucon untuk membuat kita “sok pintar” secara ilmiah.

Tapi semua berubah ketika Stephen Hawking, salah satu orang dengan IQ yang terbilang di jajaran tertinggi di dunia, mulai membawa masalah ayam dan telur ini lebih serius.

Stephen Hawking mengatakan bahwa yang duluan ada adalah telur. Semua orang saat itu percaya padanya begitu saja karena ia dianggap pintar, tapi apakah kesimpulan Hawking tepat?

Jawaban Stephen Hawking Rupanya Salah! Yang Benar adalah Ayam Duluan


Menurut hasil riset tim ilmuwan dari Sheffield dan Warwick University di Inggris, ayam lebih duluan ada daripada telur.

Penjelasan singkatnya begini. Bahan pembentuk cangkang telur adalah protein yang hanya dapat ditemukan di indung telur ayam. Jadi, telur ada hanya jika diproses di dalam tubuh ayam. Pasti pada penasaran gimana para ilmuwan tersebut berhasil mengungkap teka-teki ini.

Tim ilmuwan tersebut menggunakan sebuah super komputer untuk memperbesar proses pembentukan sebuah telur. Mereka menemukan bahwa protein yang bernama ovocledidin-17 atau OC-17 bertindak sebagai katalis untuk mempercepat pembentukan cangkang telur.

Dengan super komputer bernama HECToR yang berada di Edinburg, Skotlandia, tim ilmuwan mengungkapkan bahwa OC-17 sangat penting dalam kristalisasi yang merupakan tahap awal pembentukan cangkang. 

Protein tersebut mengubah kalsium karbonat menjadi kristal keras yang menjadi bahan pembuat cangkang. OC-17 mempercepat produksi cangkang telur dalam tubuh ayam sehingga dalam waktu 24 jam sebuah telur siap untuk dikeluarkan.

Yang perlu digarisbawahi dalam penemuan ini adalah bahwa telur tidak dapat diproduksi tanpa OC-17 yang terdapat dalam indung telur ayam. Jadi, ini berarti bahwa ayam pastilah lebih dulu dibandingkan telur. 

Teka-teki ayam dan telur pun terpecahkan. Yes..!

Lalu dari mana ayam berasal..? Hehe...



*sumber: berbagaisumber