dr Reisa: Jangan Suka Naik Turunkan Masker -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

dr Reisa: Jangan Suka Naik Turunkan Masker

editor: komentar.id
Rabu, 10 Juni 2020

dr Reisa Broto Asmoro. (Istimewa/Serumpi)

Jakarta- Jubir Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penangaan Covid-19 dr Reisa Broto Asmoro mengimbau masyarakat agar tidak menaikturukan masker serta menyentuh bagian depan kainnya sebelum mencuci tangan.

"Tidak menaikturunkan masker, dengan tidak menyentuh bagian depan masker setelah digunakan beberapa saat," kata Reisa dalam konferensi pers daring dari Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa (09/06/2020) dilansir dari Gatra.com.

Selain itu, menggunakan masker harus tepat. Misalnya menutupi bagian hidung sampai dengan dagu. Penggunaan masker untuk mencegah penularan penyakit, seperti coronavirus disease 2019 (Covid)-19.

Pada awalnya, ungkap Reisa, memakai masker hanya disarankan bagai orang yang sakit atau yang merasa sakit. Namun, dengan semakin berkemangnya penelitian terkait Covid-19, maka masyarakat semakin mengerti bahwa semua orang yang beraktivitas di luar rumah sangat disarankan memakai masker.

"Tujuannya adalah untuk mencegah penularan penyakit dari satu orang ke orang lain. Karena kita sudah tahu, bahwa virus Covid-19 menular melalui droplet atau percikan air liur yang dapat terpercik keluar ketika seseorang itu berbicara atau bersin atau batuk," ujar Runner Up Puteri Indonesia 2010 ini.

Masker dapat menjadi penghalang supaya percikan air liur yang kelur dari mulut tidak menyebar ke lingkungan sekitar. Penggunaan masker ini sangat penting, karena virus termasuk Covid-19, tidak bisa dilihat secara kasat mata.

(gtc/kid/*)