Bupati Talaud Sepakat dengan Pemerintah Pusat Soal New Normal -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bupati Talaud Sepakat dengan Pemerintah Pusat Soal New Normal

editor: hut_kamrin
Kamis, 18 Juni 2020

Bupati Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut MM. Foto: Istimewa


Melonguane, KOMENTAR.ID -- Bupati Kepulauan Talaud Dr Elly Engelbert Lasut setuju mengikuti kebijakan pemerintah pusat untuk menerapkan new normal.

Hal ini diungkap Elly Lasut dalam web diskusi pada Kamis (18/6/2020).

Web diskusi ini mengusung tema new normal dalam prespektif Dr Elly Engelbert Lasut, E2L sapaan akrabnya memaparkan pandangannya dalam menghadapi new normal. Ia mengatakan, hari ini, adalah kondisi yang sangat memprihatinkan. Seluruh manusia, berada dalam situasi sulit menghadapi Covid-19.

"Disisi lain kita juga harus bertahan hidup, dan mencari makan pada situasi yang sama. Sebab hidup bukan hanya bagaimana kita bertahan dari Covid-19, namun juga harus mencari makan," ujar E2L. 

Ia sepakat dengan konsep pemerintah pusat. "Kita harus hidup berdampingan di tengah ancaman wabah dan tetap produktif guna memenuhi kebutuhan dasar," jelasnya. 

"Memang saat ini dampak perilaku virus yang mencekam di Provinsi Sulawesi Utara, sangat terasa, namun kita tidak serta merta menutup akses ke Talaud, karena jika kita tutup akan berdampak lebih buruk lagi bagi ekonomi masyarakat," sambung E2L. 

Ia mengatakan, hal tersebut menjadi pertimbangan bahwa akses Talaud tetap dibuka untuk menjaga stabilitas ekonomi. Namun penjagaan setiap pelaku perjalanan terus diperketat.

"Ini sudah kita berlakukan sejak tiga bulan lalu sebelum membludaknya Covid-19 di Sulut. Setiap pelaku perjalanan itu kita umumkan agar warga tahu dan diisolasi mandiri selama 14 hari sambil dipantau kesehatannya," jelas E2L. 

Jika ada warga yang memiliki gejala, maka akan langsung mengikuti rapid tes. ”Kemudian jika reaktif dilanjutkan dengan pemeriksaan swab," tutur E2L. (*)