Bupati Talaud Pacu Masyarakat Perkuat Lumbung Pangan di Masa Pandemi -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bupati Talaud Pacu Masyarakat Perkuat Lumbung Pangan di Masa Pandemi

editor: hut_kamrin
Sabtu, 20 Juni 2020

Bupati Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut MM. Foto: Istimewa


Melonguane, KOMENTAR.ID -- 
Bupati Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut MM terus mendorong masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan. Menghadapi new normal era, E2L pemerintah memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat. 

"Dimana melalui konsep kebijakan ketahanan pangan, pemerintah mendorong masyarakat untuk menyiapkan bahan makanannya sendiri. Sebab melihat dari prediksi menteri keuangan dimana akan terjadi resesi ekonomi tentu kita harus mengambil langkah antisipatif, jika suatu saat kondisi ekonomi yang memburuk kedepan," terang dia.

Sehingga lanjutnya, melalui kebijakan ketahanan pangan, masyarakat didorong untuk mengisi lumbung pangannya entah dengan berkebun ataupun budidaya yang merupakan konsep sederhana. 

"Karena kebijakan ketahanan pangan ini akan lebih efektif dalam jangka panjang ketimbang bantuan sosial. Memang saat ini kita juga gencar memberikan bantuan sosial bagi masyarakat. Namun mengingat dampaknya hanya sementara, maka kebijakan ketahanan pangan kita berlakukan," jelasnya.

Ia menambahkan saat ini Pemkab Talaud juga mengambil kebijakan memberikan insentif bagi masyarakat yang menanam dan mau memanfaatkan lahannya untuk kegiatan produktif seperti budidaya

"Selain itu kami juga tentu memberikan bantuan khusus bagi masyarakat yang ingin mengikuti kebijakan ketahanan pangan ini," ucap dia. 

"Pada intinya new normal ini, bukan hanya bagaimana kita mengaktifkan kembali berbagai kegiatan produktif sesuai protokol kesehatan, namun bagaimana kita juga sebagai pemerintah mampu mengantisipasi kemungkinan terburuk dari merosotnya ekonomi," tandasnya. (*)