WL Sayangkan Minimnya Bantuan Pemkot Tomohon Kepada Warga Terdampak Covid-19 -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

WL Sayangkan Minimnya Bantuan Pemkot Tomohon Kepada Warga Terdampak Covid-19

editor: rolly_sondakh
Selasa, 19 Mei 2020

Anggota DPRD Sulut Wenny Lumentut. (File KID)


Manado, KOMENTAR.ID


Wakil Ketua DPRD Sulut Periode 2014-2019 Wenny Lumentut minta Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon lebih pro aktif dalam memberikan bantuan terhadap warga. Khususnya bagi masyarakat yang terdampak akibat Pandemi Covid-19.

Hal itu dikatakan Wenny sebagai bentuk kepedulian terhadap daerah pemilihannya (Dapil). "Pemkot harusnya memberikan bantuan kepada warga melalui pengangaran dari jajaran dinas, bukannya memangkas anggaran kelurahan," seru Wenny Senin kemarin di Manado.

Ia sendiri menyayangkan kalau Pemkot harus memangkas anggaran kelurahan yang minim.  "Pemkot harusnya segera mengambil langkah pemberian bantuan terhadap masyarakat saat ini, jangan dilakukan pada penganggaran perubahan pada akhir tahun, apalagi anggaran di kelurahan sangat minim," ucapnya.

Wakil Walikota (Wawali) Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi terkait informasi tersebut. Beberapa kali dihubungi lewat telepon tidak merespon.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meminta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani untuk menegur pemerintah daerah (Pemda) yang belum mempersiapkan anggaran percepatan penanganan pandemi corona atau Covid-19.

Selain itu, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) juga telah meminta pemerintah daerah (pemda) segera melakukan refocusing atau perubahan alokasi anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19.

Arahan mengenai refocusing ini telah ditegaskan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri yang diterbitkan pada 2 April 2020.

Dimana menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar, refocusing itu harus sudah dilakukan paling lambat tujuh hari sejak diterbitkannya Instruksi Mendagri.

***