Wanita Asal Wori Melahirkan di Teras Rumah, Bayinya Lahir dalam Keadaan Selamat -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Wanita Asal Wori Melahirkan di Teras Rumah, Bayinya Lahir dalam Keadaan Selamat

editor: komentar.id
Jumat, 29 Mei 2020

Usai melahirkan di teras rumah, wanita asal Wori dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan berlumuran darah, inzet: bayi mungil lahir dalam keadaan selamat. (Istimewa/Komentar.ID)

Tondano, KOMENTAR.ID

Seorang wanita, FB (24), asal Desa Mantehage III Tinongko Kecamatan Wori Minahasa Utara, melahirkan anak tanpa pendampingan tim medis. Peristiwa ini terjadi pada Kamis (28/05/2020) pukul 00.30 Wita. 

Wanita yang disebut-sebut mahasiswi di salah satu universitas di Manado ini, kemudian dilarikan ke rumah sakit di Tondano Kabupaten Minahasa, setelah dirinya melahirkan seorang bayi di depan teras rumah warga.

Awal mula diketahui kejadian ini dari keterangan saksi Yosi Rotinsulu. Di mana saat kejadian dirinya mendengar teriakan seorang wanita yang meminta pertolongan dengan nada bicara yang sangat kecil.

”Jadi ada teriakan minta tolong, kemudian saksi melihat dari jendela dalam rumah ada seorang perempuan sementara memeluk bayi dalam kondisi lemas dan berdarah di sekujur tubuhnya,” Kata Kapolres Minahasa AKBP Denny I Situmorang lewat Kasat Reskrim AKP Sugeng Wahyudi.

Saat melihat kejadian itu, saksi Yosi Rotinsulu dalam rasa takut dan panik menghubungi Kapolsek Eris Iptu G Abast yang kebutulan tinggal di Kelurahan Sumalangka.

”Setelah mendapatkan Informasi dari Kapolsek Eris Iptu Abast, Polsek Toulimambot serta anggota Buser Polres Minahasa langsung bergerak menuju TKP. Anggota menemukan seorang perempuan yang sementara memeluk bayi yang baru lahir dalam kondisi masih berlumuran darah, tali pusar masih tergantung di tubuh bayi dan bayi dalam posisi belum menggunakan pakaian,” jelas Sugeng.

”Perempuan bersama bayi dengan menggunakan kendaraan patroli langsung dibawa ke RS Sam Ratulangi Tondano untuk mendapatkan perawatan, karena melihat keadaan ibu dan bayi ini yang memang tidak ada persiapan persalinan, awalnya sempat meminjam selimut dan baju bayi warga yang ada di rumah sakit itu. Namun kita sudah menfasilitasinya bahkan biaya persalinanpun kita tanggung,” ujar kasat.

Terkait keluarga ibu dan bayi ini, lanjut kasat, pihak Polres saat ini tengah berupaya menghubungi. 

“Kita sementara menghubunginya. Namun untuk bapak si bayi ini merupakan tahanan Polres Minahasa dalam kasus pencurian kendaraan bermotor dan status keduanya belum terikat perkawinan,” ungkapnya.

Adapun saat ini ibu dan bayi masih berada di ruang bersalin RS Sam Ratulangi Tondano dan keduanya dalam keadaan sehat. 

(kid/bly/*)