Tantangan Diterima, BSG Melonguane Sumbang 1 Ton Bibit Jahe Merah -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Tantangan Diterima, BSG Melonguane Sumbang 1 Ton Bibit Jahe Merah

editor: hut_kamrin
Rabu, 20 Mei 2020

Penyerahan bibit jahe merah dari BSG Melonguane ke Pemkab Talaud. Foto: Ato Saranaung/KOMENTAR.ID

 Melonguane, KOMENTAR.ID -- 
Bank Sulut Gorontalo (BSG) Cabang Melonguane mewujudkan kepedulian kepada masyarakat Talaud. Melalui Gerakan BSG Peduli Covid-19, bank tersebut menyumbang 1 ton bibit jahe merah kepada masyarakat Talaud. Bantuan diberikan melakui Pemkab Talaud. 

Bantuan ini bertujuan menunjang penguatan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui budidaya pangan lokal yang digulirkan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud di tengah pandemi Covid-19.

“Setelah berkonsultasi dan berkoordinasi dengan pemerintah, yakni  bupati dan wakil bupati, kami ditantang untuk melakukan pengadaan bibit jahe. Tantangan diterima, dan selama satu minggu kami berhasil mengumpulkan 1000 kg bibit jahe merah dari petani kaje di Modoinding,” ujar Kepala BSG  Cabang Melonguane Steven Rembet, di rumah dinas Bupati Talaud, Selasa (19/5/2020).

Jahe merah Sulawesi Utara dengan cita rasa khasnya memang laris manis di pasaran. Khasiat menghangatkan tubuh, melegakan tenggorokan serta memberikan efek kesehatan membuat permintaan terhadap rempah yang lasim disebut goraka merah itu terus melonjak. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

Karena itu, Rembet berharap, bantuan 1000 kilogram bibit jahe ini bisa menggelorakan sektor pertanian yang berujung pada peningkatan ekonomi masyarakat di Talaud.

“Goraka ini sudah berusia 11 bulan, jadi cocok untuk dijadikan bibit,” pungkas Rembet.

Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut (E2L) mengapresiasi kepedulian BSG terhadap masyarakat. Dia mengatakan, bibit goraka ini akan diserahkan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk selanjutnya dibagikan kepada masyarakat.

“Semoga bibit ini bisa bertumbuh, berkembang sesuai dengan harapan. Dan tentunya kita berharap tiga bulan kedepan kita sudah memiliki lima ton bibit jahe,” kata E2L.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Elly Engelbert Lasut dan Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga, Sekda Adolf Binilang, Kepala BSG Cabang Melonguane Steven Rembet, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ordik Rompah serta sejumlah pejabat tinggi pratama melakukan cara pembibitan jahe merah di halaman Rudis Bupati Talaud.

Diketahui, sebelumnya BSG Melonguane juga menyalurkan bantuan kepada para pensiunan mitra BSG. Bantuan yang diberikan berupa beras, mie instan, telur dan gula pasir. (Ato Saranaung)