Profesor Oxford Klaim Vaksin Corona Tersedia Pertengahan Juni 2020 -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Profesor Oxford Klaim Vaksin Corona Tersedia Pertengahan Juni 2020

editor: hut_kamrin
Sabtu, 16 Mei 2020

Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto: Google image
Jakarta, KOMENTAR.ID --
Calon vaksin Corona yang sementara diuji seorang ahli Universitas Oxford, Inggris diprediksi akan tersedia pada Juni mendatang. Profesor Sir John Bell, ahli kedokteran di Universitas Oxford mengatakan hasilnya ini akan hadir dalam hitungan minggu.

Menurut Profesor John Bell, hasil ini didapatkan dari uji coba vaksin pada lebih dari 1.000 relawan manusia. Ini telah membuktikan bahwa vaksin tersebut sudah siap ke tahap selanjutnya.

"Kami punya lebih dari 1.000 orang yang menjadi sukarelawan dalam proyek ini. Dan sejauh ini sangat baik, kita sekarang mulai menunggu apakah orang-orang yang divaksinasi ini tidak terkena penyakit tersebut," katanya yang dikutip dari Daily Star.

Dalam menguji vaksin, Profesor John Bell menolak cara yang dengan sengaja menginfeksi sukarelawan yang sehat dengan virus Corona. Jika vaksin tidak berhasil, risiko meninggal akan sangat tinggi.

"Kami juga ingin memastikan bahwa seluruh dunia sudah siap untuk membuat vaksin dalam skala yang sangat besar di negara-negara berkembang," imbuhnya.

Sebelumnya, Profesor John Bell sempat memperkirakan bahwa vaksin ini secepatnya akan selesai pada pertengahan Agustus 2020. Ini untuk memastikan apakah vaksin tersebut bisa berfungsi dengan baik untuk mengatasi virus. (***)