Penyaluran BLT DD Diduga Bermasalah, Kinerja Pemdes Sinisir Minsel Tuai Sorotan -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Penyaluran BLT DD Diduga Bermasalah, Kinerja Pemdes Sinisir Minsel Tuai Sorotan

reporter: roger_pelealu
Minggu, 31 Mei 2020


Amurang, KOMENTAR.ID

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Desa Sinisir Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) diduga bermasalah. Selain itu, kinerja pemerintah desa setempat dinilai tidak transparan dalam penyalurannya.

Imbasnya, kinerja Hukum Tua Desa Sinisir Diane Tagah dikeluhkan. Hal ini sebagaimana diungkap warga Nevy Tumuju dan rekan-rekannya.

"Laporan perihal nama-nama yang menerima BLT DD dan BST tidak dicantumkan di kantor desa dalam pendataan penerima BLT DD dan BST kebanyakan keluarga aparat desa. Bahkan dua keluarga penerima BST adalah meweteng (perangkat desa)," ucap Nevy kepada media ini Sabtu (30/05/2020).

Dia meminta penyaluran BLT DD dapat dilakukan transparan serta memaksimalkan kuota pembagian tertinggi yang seharusnya disalurkan akibat dampak Covid-19.

"Saya mewakili masyarakat meminta penyaluran BLT DD dimaksimalkan volumenya sampai 30 persen dari dana desa karena masih banyak warga yang terdampak terutama masyarakat miskin yang sakit kronis tidak mendapatkan sentuhan dari bantuan ini," ujar Nevy.

Pemdes Sinisir terutama hukum tua dimintanya memberikan hak dari para warga yang layak untuk menerima bantuan ini.

"Kami masyarakat hanya ingin meminta hak kami sebagaimana yang disampaikan Bapak Presiden Jokowi, agar melapor apabila hak masyarakat tidak diberikan," imbuh Nevy.

Menanggapi keluhan ini Hukum Tua Diane Tagah menepis dan menolak. Dia pun berharap agar warga memahami jika pemerintah desa selalu melakukan langkah terbaik untuk membantu warga terdampak Covid-19.

"Itu tidak benar, semua yang kami lakukan sudah melalui prosedur dan aturan dari pemerintah pusat dan daerah. Jabatan ini hanya titipan, nama baik lebih berharga dari pada segalanya. Saya bekerja hanya untuk satu tujuan, mensejahterakan masyarakat sesuai amanah yang diberikan Bupati Minsel. Saya berharap jika ada yang tidak sepaham untuk proaktif memberikan saran dan pendapat dengan komunikasi positif, bukan saling menyalahkan" tangkis Diane.

***