Pasar Beo Terbakar, Kerugian Mencapai 4,6 Miliar -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pasar Beo Terbakar, Kerugian Mencapai 4,6 Miliar

editor: hut_kamrin
Rabu, 13 Mei 2020

Situasi kebakaran Pasar Beo, Talaud, Senin (11/5/2020) malam. Foto: istimewa
Melonguane, KOMENTAR.ID -- 
Kebakaran yang melanda Pasar Beo, Kecamatan Beo, Talaud, Senin (11/5/2020) malam menyebabkan kerugian miliar rupiah. Kapolsek Beo Ipda Johan Atang menyebutkan, toko yang terbakar berjumlah 11 toko. Semuanya merupakan toko aktif dan milik pedagang aktif.

Total kerugian, sesuai hasil interogasi dan wawancara dengan pemilik toko yang terbakar, “Rp 4.630.000.000,” ungkap Ipda Johan Atang, Selasa (12/5) 2020 sore.

Jumlah kerugian itu sudah terhitung nilai bangunan, barang dagangan serta materi lainnya yang terbakar dalam kejadian itu.
Toko yang terbakar tersebut antara lain menjual sembako serta sebagian besar menjual pakaian dan sepatu.
Hingga kini penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam penyelidikan Polres Talaud.
“Sampai kegiatan kami tadi, untuk penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, karena api yang berasal dari toko waktu dilihat saksi sebagai sumber api, tokonya dalam keadaan tertutup. Dugaan kuat penyebab kebakaran karena korsleting listrik, tapi masih terus diselidiki,” pungkasnya.
Diberitakan sebelumnya, sejumlah toko di Pasar Beo yang berada di seputaran kompleks Pelabuhan Laut Beo, terbakar pada Senin (11/5) 2020 malam.
Informasi yang dihimpun, kepulan asap mulai terlihat sekitar pukul 20.15 Wita dari sebuah toko yang menjual sembako milik Deny Wansaga atau akrab dipanggil Ko Deny. Sekira pukul 21.00 Wita, kobaran api mulai membesar dan menjalar ke sejumlah bangunan sekitar.
Upaya pemadaman oleh warga dilakukan dengan peralatan seadanya sehingga tidak mampu menjinakan api.
Api baru berhasil dipadamkan pada pukul 00.00 Wita, setelah warga mengerahkan sebuah mobil dam truck yang memuat air menggunakan mesin genset dan dibantu pemadam kebakaran dari ibu kota kabupaten, Melonguane, yang tiba di lokasi kejadian pukul 11.30 Wita karena jarak tempuh yang jauh.
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.
Diketahui setelah mendapat informasi perihal kebakaran tersebut, Wakil Bupati Moktar Arunde Parapaga, Kapolres Talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan SH SIK MH dan Dandim 1312/Talaud Letkol Czi Irawan Gupta Rochman, N.,S.T., M.M langsung turun ke lokasi kejadian hingga proses pemadaman selesai. (***)