Masyarakat Mitra Makin Giat Bertani di Masa Pandemi -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Masyarakat Mitra Makin Giat Bertani di Masa Pandemi

editor: hut_kamrin
Kamis, 14 Mei 2020

Gotlieb Mamahit, Kepala Dinas Koperasi Mitra. Foto: Istimewa
Ratahan, KOMENTAR.ID --
Wabah Covid-19 membangkitkan semangat bertani masyarakat pedesaan. Jenuh di rumah saja, warga yang memiliki lahan memilih aktifitas berkebun. Kondisi ini dianggap sebagai dampak positif dari situasi wabah yang belum jelas kapan berakhir. 

Di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) warga berbondong-bondong ke perkebunan masing-masing. Mereka merawat dan  membersihkan tanaman komoditi. Yang lain menanam dan ada juga yang memanen tanaman. Fenomena ini mendorong pemerintah Mitra untuk memperhatikan sektor pertanian yang makin berdenyut di masa sulit.

Kepala Dinas Koperasi Mitra Gotlieb Mamahit mengakui gerakan masyarakat yang makin optimal memanfaatkan lahan pertanian di masa pandemi Covid-19.

"Ini dampak positif di lapangan. Pemilik lahan kebun mulai membersikan dan mengelolahnya dengan bercocok tanam," kata Mamahit, Kamis (14/5/2020), di ruang kerjanya.

Ia membeberkan, Kabupaten Mitra memiliki lahan persawahan yang cukup besar yakni sekitar 1600 hektare. Dari data itu, diharapkan warga Mitra yang memiliki lahan, memanfaatkannya dengan bercocok tanam.

"Mari kita sebagai masyarakat Mitra dengan lahan yang ada, kita pergunakan untuk bercocok tanam. Ini perlu kita terapkan, apalagi dalam menghadapi penademi Covid-19," imbau Mamahit. (Nia)