Kegiatan Reses Pertama Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Tahun 2020 -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Kegiatan Reses Pertama Pimpinan dan Anggota DPRD Sulut Tahun 2020

editor: rolly_sondakh
Jumat, 15 Mei 2020

Sejumlah Kegiatan Sosial Pimpinan dan ANggota DPRD Sulut saat Kegiatan Reses Pertama. (File Humas)


Manado, KOMENTAR.ID


Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyerap aspirasi masyarakat lewat kegiatan Reses pertama di Tahun 2020 Jumat (15/05/2020).

Reses yang dilaksanakan kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena harus menjaga protokol kesehatan dari pemerintah terkait Social Distancing dan Physical Distancing. Meski begitu, pimpinan dan anggota Deprov Sulut tetap berkomitment untuk terus dekat dengan masyarakat guna menjemput aspirasi.
Reses Anggota DPRD Sulut Richard Sualang. (File ist)

Mayoritas dari giat tersebut adalh menyalurkan bantuan sosial berupabahan pokok secara langsung ke rumah warga dan masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) masing-masing. Tidak hanya itu saja, di tengah Pandemi Covid-19, pimpinan dan anggota juga ikut membantu memberikan Alat pelindung Diri (APD) kepada warga yang belum dapat menjangkau APD yang memadai.
Reses Anggota DPRD Sulut Melky Pangemanan. (File ist)

Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw mengatakan, meski kegiatan terbatas dengan kondisi darurat, namun tidak menurunkan semangat untuk bersama-sama rakyat yang terdampak Pandemi Covid-19.
Reses Ketua Komisi IV DPRD Sulut Braien Waworuntu. (File ist)

"Memang banyak keterbatasan dalam melakukan kegiatan ini, namun kami ingin masyarakat tahu bahwa DPRD hadir untuk membantu meringkankan dampak dengan bantuan sosial," tukas Ketua DPRD Sulut.

Lanjut dijelaskannya, aksi kemanusiaan itu tidak hanya pada saat giat menyerap aspirasi, tapi akan terus dilanjutkan sampai situasi darurat benar-benar selesai. 

"Pandemi Covid-19 belum berlalu. Physical distancing tak lantas memupus niat wakil rakyat untuk berada di dekat rakyat, mendengar keluh-kesah dan asa rakyat jelata. Menyimak masukan dan saran tokoh masyarakat  serta pemerintah kelurahan dan desa," tambah Ketua DPRD 2 periode itu.

Hanya saja pada reses kali ini, para legislator menyambangi langsung konstituen mereka untuk menyerap aspirasi  dengan protokol yang menyesuaikan dengan Protokol pencegahan Covid 19, dimana tidak boleh ada kerumunan atau kegiatan yang melibatkan banyak orang.

Senada Sekretaris DPRD Sulut Glady Kawatu SH mengatakan bahwa pihak Sekretariat seperti biasanya memfasilitasi semua kebutuhan para anggota DPRD untuk turun reses.


"Hanya saja pada reses kali ini ada beberapa item yang berubah menyesuaikan dengan protokol Covid -19 yang dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,"tutur Glady Kawatu.

Diektahui, kegiatan serap aspirasi rakyat ini dimulai pada hari Senin, 27 April sampai dengan Senin, 4 Mei 2020. Dan dijalankan oleh para legislator di daerah pemilihan (dapil) mereka masing-masing.

(LIPUTAN KHUSUS)