Catatan Khusus Komisi IV DPRD Manado Tangkal Covid-19 -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Catatan Khusus Komisi IV DPRD Manado Tangkal Covid-19

editor: rolly_sondakh
Sabtu, 16 Mei 2020

(Kiiri) ketua Komisi IV DPRD Manado Lilly Walandha dan Anggota Frnaseska Kolanus (Kanan). (File KID)


Manado, KOMENTAR.ID


Komisi IV DPRD Kota Manado menanggapi adanya keluhan tenaga kesehatan soal standart Alat Pelindung Diri (APD). Seperti dikatakan Ketua Komisi IV Lilly Walandha, APD adalah salah-satu fasilitas penting bagi para tenaga medis sebagai palang pintu pencegahan Covid-19 di sejumlah rumah sakit di Manado.

"Memang tidak ada pengadaan APD dari Pemerintah Kota, hanya partisipasi sebagian pejabat lingkup pemkot yang berinisiatif membagikan di beberapa tempat yang menangani pasien," kata Walandha.

Namun begitu Walandha mengajak semua tenaga medis untuk memanfaatkan APD yang ada, dikarenakan keterbatasan anggaran. "Saya kira manfaatkan dulu yang ada, karena saat ini pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin," tutur Walandha.

Senada disampaikan Anggota Komisi IV Franseska Kolanus bahwa selain APD, hal kritis yang harus menjadi fokus oleh pemerintah yakni pengadaan Ventilator. Meski begitu, Kolanus memaklumi dengan keterbatasan dari pengadaan barang tersebut karena harganya yang cukup mahal.

"Saya kira Ventilator tidak kalah penting juga menjadi perhatian, karena dengan makin bertambahnya status pasien yang terpapar. Kalau APD bisa dari sektor lain atau pribadi yang ingin turut serta membantu pemerintah," tukas Kolanus Jumat (15/05/2020) via telepon.

Diketahui, saat ini Ventilator yang tersedia di seluruh Rumah Sakit yang ada di Sulut berjumlah 30 unit.

***