Siapkan 3 Hektare Lahan Pekuburan Covid-19, Sehan: Malam Penghiburan Tetap Ada -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Siapkan 3 Hektare Lahan Pekuburan Covid-19, Sehan: Malam Penghiburan Tetap Ada

editor: dax_dacko
30 April 2020

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar. (Kolase Foto Komentar.ID)

Boltim, KOMENTAR.ID

Jika di sejumlah daerah ada saja yang menolak pengadaan lahan pekuburan Covid 19, lain halnya di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara. 

Penolakan justru tidak terjadi. Malah pemerintah setempat mulus menyiapkan lahan sekitar 3 hektare untuk dijadikan tempat “isolasi selamanya” bagi pasien yang meninggal akibat Covid-19.

Kepada Komentar.ID, Bupati Kabupaten Boltim Sehan Landjar SH mengungkapkan, pengadaan lahan pekuburan khusus korban Covid-19, wajib disiapkan pemerintah, sebagai wujud mengedepankan asas kemanusiaan.

”Kita harus bijak menyikapi situasi. Kalau pun nanti ada yang takut menguburkan, saya sendiri siap menguburkan jenazah Covid-19,” tegas Sehan Landjar di kediamannya, Kamis (30/04/2020).

Bupati yang kini ngetop karena telah wara-wiri menghiasi layar kaca TV swasta nasional ini malah menambah kebijakan bila ada warganya yang meninggal akibat Covid-19.

“Jika itu korbannya adalah umat muslim, maka tetap akan di-sholatkan sebagaimana biasa, namun protokol penguburannya dilakukan sesuai protap yaitu menyolatkan dengan cara jaga jarak agak jauh dari lahan pekuburan sambil membacakan tahlilan. Nah kalo yang beragama kristen, tetap ada malam penghiburan bagi keluarga, namun tetap memerhatikan protap yang ada,” ungkapnya.

Di satu sisi Sehan Landjar terus mengingatkan warganya untuk mengikuti anjuran dan intruksi pemerintah dalam upaya pencegahan mewabahnya Covid-19.

Seperti tetap menjaga jarak, rajin cuci tangan, menggunakan masker, tidak berkumpul serta menahan diri untuk beraktivitas di luar rumah.

"Kan lucu keselamatan orang lain lantas orang lain yang capek-capek kasih tahu. Jadi sekarang masing-masing kita ndak usah berpikir kita mencari makan, nantinya bukan makan yang didapat tetapi ketemu makam,” selorohnya.

“Tetapi torang berpikir untuk bagaimana bisa selamat dari kematian akibat Covid-19 ini. Sebab virus corona ini semakin tajam dan ganas dan virus ini sudah mampu beradaptasi dengan keadaan. Ada informasi terbaru masa inkubasinya cenderung naik dari 14 hari hingga 28 hari,” tambah Sehan.

“Makanya saya sebagai Bupati Boltim mengingatkan, bahwa keselamatanmu, kamulah yang upayakan. Jangan orang lain bersusah payah. Kalau sudah kena, berarti siap menanggung risikonya sendir,” kunci Sehan Landjar.

***