Pria Manado Ini Desak Pemerintah Siapkan Lahan Perkuburan Korban Corona -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pria Manado Ini Desak Pemerintah Siapkan Lahan Perkuburan Korban Corona

editor: hut_kamrin
17 April 2020

Ilustrasi pemakaman korban Covid-19. 
Manado, KOMENTAR.ID -- Pemerintah Provinsi Sulut sudah saatnya menyiapkan lahan pekuburan untuk pasien yang meninggal karena Covid-19. Desakan ini disampaikan warga Manado, mengingat sudah beberapa kejadian warga menolak halus pemakaman pasien. Bahkan memakamkan jenasah ODP dan PDP pun sering ditemukan fakta keberatan warga.

Untuk mencegah kekhawatiran sekaligus penolakan warga, pemprov disarankan untuk menunjuk lahan yang representatif sebagai lokasi atau tempat pemakaman umum (TPU) korban Covid-19.  "Pemerintah harus menyediakan lahan pekuburan. Supaya di masyarakat tidak terjadi fitnah karena warga menolak penguburan," desak Soni Paloa, warga Mahawu melalui video yang beredar di media sosial.

Terpisah, Ketua eLPERISAI Sulut Andi Muhammad Nur Bongkang mendukung usulan warga. Pemprov kata Nur, harus memfasilitasi lahan, disamping tetap mengoptimalkan sosialisasi dan himbauan pencegahan Covid-19. "Wajib disediakan karena sekarang ini setiap ada pasien wafat pasti protap yang dipakai karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Dan itu menakutkan warga karena minimnya edukasi dan literasi soal Covid-19," ungkap Nur, Jumat (17/4/2020), di Manado.

Ia menambahkan, jika pemprov mampu memfasilitasi lahan tersebut, maka itu akan menjadi monumen bersejarah yang mengingatkan anak cucu bahwa pernah dalam sejarah dunia, Covid-19 membunuh ribuan manusia dan mengubah sebagian peradaban dunia. "Yang paling penting adalah mereka yang meninggal mendapat tempat yang layak dan dimakamkan secara wajar," tandas Nur.
(***)