Polisi Heroik yang Makamkan Jenazah Pasien Corona Terima Penghargaan Kapolri -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Polisi Heroik yang Makamkan Jenazah Pasien Corona Terima Penghargaan Kapolri

editor: komentar.id
Senin, 13 April 2020

Proses pemakaman jenazah pasien corona di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. (Istimewa/Komentar.ID) 

Manado, KOMENTAR.ID 

Aksi heroik Brigadir Kepala (Bripka) Jerry Tumundo yang memakamkan pasien Covid-19 Nonce Wolah, di Desa Wusa, Kecamatan Talawaan, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, mendapat simpati dan apresiasi institusi Polri. 

Bripka Jerry juga menerima penghargaan dan reward dari Kapolri Jenderal Idham Aziz. 

Kapolri memberikan apresiasi dalam bentuk piagam penghargaan dan reward mengikuti Pendidikan SIP (Sekolah Inspektur Polisi) tanpa melalui test tahun depan. 

Polisi pemberani saling berkomunikasi bersama Kapolri melalu video call. 

Diketahui, proses pemakaman pasien Covid-19 semula direncanakan di Desa Wusa. Kemudian keluarga pasien meminta untuk dimakamkan di Desa Winetin. 

Di sana, terjadi penolakan oleh pemerintah desa, lantaran pasien tersebut tidak terdaftar sebagai warga Winetin.  

Buntutnya, jasad pasien tersebut dibawa lagi ke Desa Wusa. Pemerintah Kecamatan dan Kapolsek Dimembe AKP Decky Demus hadir di lokasi pemakaman. 

Saat jenazah tiba di lokasi pemakaman di Desa Wusa sekira pukul 09:15 WITA. Sayangnya tidak ada petugas melakukan pemakaman sesuai protokol Covid-19.

Sesaat kemudian, utusan Pemprov Sulut dan Dinkes Minut datang membawa Alat Pelindung Diri (APD) tanpa petugas pemakaman. Sementara petugas yang ada di lokasi pemakaman langsung mencari relawan. 

Bripka Jerry Tumundo (kiri) mengenakan APD membantu proses pemakaman. (Istimewa/Komentar.ID)

Tampillah Bripka Jerry Tumundo yang juga warga Desa Wusa, langsung meminta ijin kepada Kapolsek Dimembe selaku pimpinannya. 

"Kapolsek memberikan izin sambil mengingatkan saya harus tetap ikut protokol yang baru diajarkan. Ada rasa was-was, karena baru pertama memakamkan jenazah pasien Covid-19,” ungkap Tumundo. 

Selama proses pemakaman, Tumundo di temani putra almarhum, Berty Rorimpandey. Juga Kepala Jaga I Desa Wusa Bastian Pinontoan dan sopir ambulance yang mengantar jasad. 

"Terima kasih atas ketulusan hatimu membantu pemerintah," tulis akun Frans Mandagi, di Facebook.

Berikut cuplikan video call Kapolri Idham Azis dan Bripka Jerry Tumundo.


***