Pengendara Mau Keluar-Masuk Bitung, Pelajari Dulu Edaran Walikota Ini -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Pengendara Mau Keluar-Masuk Bitung, Pelajari Dulu Edaran Walikota Ini

editor: hut_kamrin
17 April 2020

Maximilian Jonas Lomban, Walikota Bitung. Foto: Istimewa
Bitung, KOMENTAR.ID --
Walikota Bitung Maximilian Jonas Lomban (MJL) mengeluarkan edaran mengenai pembatasan jam operasi kendaraan pribadi dan umum. Lomban mengatakan, edaran yang sudah disampaikan ke Kementerian Perhubungan RI itu bertujuan menangkal kemungkinan penyebaran wabah Covid-19. Edaran bernomor 550/143/WK yang ditandatangani Walikota Bitung, tertanggal 15 April 2020 dengan tembusan Menteri Perhubungan RI, Gubernur Sulut, Kapolda Sulut, Kapolres Bitung dan Dandim 1310 Bitung.

Dalam surat edaran itu terdapat enam (6) poin yang mengatur jam operasi kendaraan, baik yang masuk maupun keluar Bitung.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bitung Richie Tinangon mengatakan, pembatasan jam operasi kendaraan baik yang masuk maupun keluar di Kota Bitung diberlakukan sejak Jumat 17 April 2020. Lalu jam operasi, yakni  pukul 04.00 WITA sampai 21.00 WITA.

"Pembatasan ini bukan untuk kendaraan angkutan barang/logistik, termasuk bahan makanan, ambulance, mobil jenazah, petugas keamanan dan petugas medis," beber Tinangon.

Ia menambahkan, semua kendaraan yang masuk Bitung wajib mengikuti semua rangkaian pemeriksaan protokol kesehatan atau Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Berikut 6 poin dalam surat edaran Walikota Bitung terkait pembatasan kendaraan yang masuk dan keluar Bitung:

1. Pergerakan Kendaraan Angkutan Orang dan Kendaraan Pribadi dari dan ke Kota Bitung jam operasionalnya mulai jam 04.00 WITA sampai dengan jam 21.00 WITA.

2. Kendaraan Angkutan Orang dan Kendaraan Pribadi yang akan masuk dan keluar Kota Bitung di luar jam operasional yang telah ditentukan TIDAK DIPERKENANKAN MASUK/KELUAR Wilayah Kota Bitung.

3. Kendaraan yang diijinkan tetap masuk/keluar Wilayah Kota Bitung selama 24 Jam antara lain : kendaraan angkutan barang/logistik termasuk bahan makanan, ambulance, mobil jenazah, petugas keamanan dan petugas medis.

4. Semua kendaraan yang akan masuk ke Kota Bitung harus melalui serangkaian pemeriksaan protokol kesehatan berdasarkan Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan.

5. Pemberlakuan Pembatasan jam operasional Kendaraan dari dan ke Kota Bitung dimulai pada hari Jumat, 17 April 2020 Pkl. 21.00 Wita.

6. Masyarakat diingatkan kembali untuk tetap berada di rumah; jika mendesak harus keluar rumah wajib menggunakan masker, menjaga jarak (physical distancing) minimal 2 (dua) meter dan selalu menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih di rumah masing-masing.(***)