PDP Berkeliaran, Ini Penegasan Legislator Manado -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

PDP Berkeliaran, Ini Penegasan Legislator Manado

editor: rolly_sondakh
29 April 2020

Anggota DPRD Kota Manado Meikel Stif Maringka. (File KID)


Manado, KOMENTAR.ID


Keberadaan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kantor Discapil Manado beberapa waktu lalu, dinilai merupakan kelalaian dari Gugus Tugas Covid-19 dan Rumah Sakit tempat pasien di rawat.

Pasien yang diketahui warga Kecamatan Tikala itu diduga kuat adalah PDP sesuai tanda khusus di lengan bajunya, dan dibenarkan oeh salah-satu ASN Discapil Manado.

Hal itu mendapat tanggapan keras Anggota DPRD Kota Manado Meikel Stif Maringka (MSM) yang menegaskan, tugas serta fungsi pengawasan dari petugas terkait yang harus dipertanyakan sehingga kejadian itu bisa terjadi. 

"Gugus tugas dan pihak Rumah Sakit harusnya mengantar pasien sampai di rumah, bukannya lepas tangan. Karena itu bisa membahayakan warga lainnya, " semprot MSM.

MSM menambahkan bahwa petugas harus benar-benar paham dengan fungsi masing-masing, apalagi ini sangat berkaitan dengan kesehatan bagi masyarakat banyak. Menurut MSM, pasien meski sudah lakukan test lalu negatif, tapi belum melewati yang namanya test Swab.

"Harus lebih peka dengan situasi yang dihadapi, serta paham benar dengan tugas yang diemban. Karena itu sangat beresiko bagi masyarakat yang sehat,  tambah lagi pasien belum bisa dijamin bebas Covid kalau belum keluar hasil swab," tutur MSM.

Terpisah, juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel saat dikonfirmasi menjelaskan, pasien tersebut di bawah pengawasan pihak rumah Sakit. Apabila dipulangkan sudah sesuai dengan Protap.

"Rumah sakit tahu Protap, memang pasien kalau sudah dua kali negatif, bisa dipulangkan," beber Dandel.

***