Musrenbang Pemkot Manado via Vicon, Tiga Rumusan Prioritas Dibahas -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Musrenbang Pemkot Manado via Vicon, Tiga Rumusan Prioritas Dibahas

editor: jandry_kandores
17 April 2020

Walikota Manado GS Vicky Lumentut. (Istimewa/Humas Pemkot Manado)

Manado, KOMENTAR.ID

Pemerintah Kota Manado menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) melalui video conference (vicon), Senin (13/04/2020).

Tiga rumusan prioritas mengemuka dalam Musrenbang dan RKPD yang dibahas Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan jajarannya.


Pertama, tentang keselamatan, yakni keselamatan kesehatan masyarakat dan keselamatan kesehatan tenaga medis. 

Kemudian kedua soal social safety net, atau jaring pengamanan sosial, serta ketiga menyangkut dampak ekonomi dan UMKM.

“Sehingga rumusan prioritas pembangunan yang kita bahas dalam Musrenbang ini, menjadi acuan dalam merencanakan program atau kegiatan tahun 2021,” ujar Vicky Lumentut.

Musrenbang menurut dia merupakan momen strategis dalam upaya menyusun prioritas pembangunan tahun 2021. 

Selanjutnya hasil rumusan akan menjadi bahan penyempurnaan Rancangan RKPD dan menjadi acuan dalam penyusunan KUA dan PPAS, yang kemudian menjadi dasar penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Manado Tahun Anggaran 2021.


Walikota menegaskan untuk tahun 2020 karena adanya pandemi Covid-19 akan terjadi perubahan pertumbuhan ekonomi yang sangat signifikan. 

Karenanya dalam RKPD nanti berbagai usulan yang dimasukkan menjadi perencanaan untuk tahun 2021, namun mengingat kondisi yang ada belum semua bisa terakomodir. 


Walikota mengapresiasi jajarannya yang tetap bisa bekerja termasuk mengikuti musrenbang melalui video conference.

“Apresiasi untuk penyelenggara, Bapelitbangda Manado, kawan-kawan di Kominfo melalui cerdas comand center (C3) serta 98 peserta yang mengikuti kegiatan ini. Mari kita tetap menjaga kesehatan bersama di tengah situasi pandemi ini,” tukas Lumentut.


Hadir mengikuti Musrenbang, Wakil Walikota Mor Bastiaan, Sekretaris Daerah Micler CS Lakat, Pimpinan DPRD Kota Manado, Forkopimda Kota Manado, Bappeda Provinsi Sulut, para Pejabat Eselon II dan III Kota Manado, tokoh agama, tokoh masyarakat serta partisipan lainnya.

(advertorial)