Lima Bangunan di Lapas Dibakar, Jaringan Listrik Putus -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Lima Bangunan di Lapas Dibakar, Jaringan Listrik Putus

editor: hut_kamrin
Sabtu, 11 April 2020

Suasana di Portir Lapas Manado saat kerusuhan, Sabtu (11/4/2020). 


Manado, KOMENTAR.ID —
Susana Lapas Kelas IIA Manado masih mencekam hingga Sabtu (11/4/2020) sekira pukul 20.00 WITA. Sebagian besar narapidana menepi ke bagian lapangan Futsal dalam Lapas, samping Mesjid. Sebuah potongan video amatir memperlihatkan, napi berhamburan di lapangan Futsal. Suasana gelap, hanya tampak kobaran api yang mulai mengecil. 

Video yang lain menunjukan suasana kebakaran persis di Portir Lapas. Napi membakar tabung gas di pintu portir. 

Informasi diterima, selain portir, kantin, bengkel dan warkop, napi juga membakar blok hunian napi narkoba dan Tipikor. 
Selain itu, satu napi diduga kena tembakan polisi khusus lapas (polsuspas) yang mengenai dada pria berisial M alias Man. 

Mengenai kerusuhan yang melibatkan ratusan narapidana itu, pihak Lapas Manado belum bersedia memberikan pernyataan. KOMENTAR.ID mendapat informasi dari beberapa narapidana yang menyatakan, pemicu kekacauan itu karena akumulasi ketidakpuasan pelayanan lapas. “Orang tua meninggal tidak dikasih ijin biar cuma penghormatan terakhir. Ijin yang lain bukan urusan kematian, diberi kesempatan keluar,” ujar sumber napi, kepada KOMENTAR.ID. 

Di insiden itu, Kapolres Manado Kombes Pol Benny Bawensel SIK  bersama aparat kepolosian dari unsur Brimob turun mengamankan situasi. (Peliput: Steward Noho)