Lengkapi Tubuh dengan 5 Vitamin Ini agar Siap Melawan Infeksi dan Bakteri -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Lengkapi Tubuh dengan 5 Vitamin Ini agar Siap Melawan Infeksi dan Bakteri

Senin, 13 April 2020

Ilustrasi : Sumber google

KOMENTAR.ID-

Dampak Virus Corona Makin Terasa, kasus virus corona atau Covid-19 yang terus berkembang di Indonesia mendorong pemerintah untuk membuat kebijakan percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19. Setelah menghimbau masyarakat untuk melakukan Work From Home, Social dan Physical Distancing, kini kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan. Semua untuk kebaikan bersama. Selanjutnya, kembali  masing-masing pribadi. Lengkapi diri dengan menjaga daya tahan tubuh.

Konsumsi makanan sehat adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari virus corona. "Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi, dan benar-benar dapat membantu sistem kekebalan tubuh," ujar ahli nutrisi Elizabeth Hill dari Cedar City Hospital seperti dilansir dari laman KSL.

Hill mengatakan kelima vitamin ini secara khusus ditujukan untuk membangun dan mempertahankan fungsi kekebalan tubuh dan paling baik diperoleh melalui makanan segar

1. Vitamin C
 Vitamin C ada di daftar teratas karena jenis vitamin ini memiliki peran penting untuk membentuk antibodi dalam tubuh. "Antibodi sangat penting karena ini adalah protein dalam tubuh yang berperang melawan infeksi dan bakteri yang masuk," kata Hill.Jeruk adalah salah satu buah yang sarat dengan vitamin C, serta paprika merah, pepaya, stroberi, jus tomat, dan bahkan brokoli.

2. Vitamin A
Vitamin A memiliki fungsi membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi, dengan menjaga kulit, jaringan di mulut, perut, usus dan sistem pernapasan tetap sehat. "Salah satu gejala virus corona adalah masalah pernapasan. Jadi jika Anda dapat menjaga sistem pernapasan Anda dalam kondisi prima yang akan membantu secara keseluruhan," Hill menjelaskan.Makanan seperti ubi, wortel, paprika merah, aprikot, bayam dan brokoli kaya akan vitamin A. Dia juga mengatakan beberapa bahan pangan seperti susu dan sereal juga diperkaya dengan vitamin A.

3. Vitamin D
Tubuh menggunakan vitamin D untuk melawan bakteri dan virus, selain mempertahankan tulang yang kuat dengan membantu penyerapan kalsium. "Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk melawan virus kapan pun," kata Hill.Walaupun vitamin D secara alami hanya ditemukan dalam beberapa makanan seperti salmon dan jamur, vitamin D juga sering ditemukan dalam susu dan diperkaya dengan sereal, roti, serta jus jeruk. Hill menambahkan bahwa meskipun orang juga bisa mendapatkan vitamin D dari matahari, penting untuk mendapatkannya melalui makanan.
4. Vitamin E
Vitamin E adalah salah satu antioksidan penting yang berjuang melawan kerusakan sel. "Kami menemukan vitamin ini terkandung pada biji bunga matahari, selai kacang dan kacang almond," katanya.

5. Zinc atau sengZinc 
Banyak ditemukan dalam daging tanpa lemak, makanan laut, kacang-kacangan, biji-bijian dan susu. Zink adalah antioksidan lain yang meningkatkan metabolisme dan membantu menyembuhkan luka.