Kena Semprot Bupati Boltim, Menteri Persilahkan Kades se-Indonesia Cair Tunai BLT-Dana Desa -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Kena Semprot Bupati Boltim, Menteri Persilahkan Kades se-Indonesia Cair Tunai BLT-Dana Desa

editor: hut_kamrin
Selasa, 28 April 2020

Klarifikasi Bupati Boltim Sehan Salim Landjar dan Kementerian PDTT, Senin (27/4/2020). Foto: Google image
Jakarta, KOMENTAR.ID -- Pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa ke penerima tidak mutlak melalui rekening.
Kepala desa (kades) diperbolehkan mencairkan secara tunai tanpa harus melapor ke camat setempat. Petunjuk ini disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, Senin (27/4/2020), di Jakarta.

Ia mengatakan, keputusan penyaluran BLT-Dana Desa melalui metode transfer atau tunai itu ada di tangan kepala desa atau setara.

 “Cashless itu harapan. tapi situasi desa berbeda-beda, kondisi perbankan desa juga beda. Makanya diperbolehkan secara tunai,” ujar Abdul, melalui telekonferensi, Jakarta, Senin (27/4).

“Ditransfer atau tidak itu kewenangan kepala desa, kalau menurut kepala desa aman, tidak masalah diberikan dalam bentuk tunai. Tidak perlu lapor kecamatan,” imbuh Abdul. Meskipun ia mengaku mempunyai data desa yang layak menggunakan transfer untuk penyaluran BLT-Dana Desa. Namun, dirinya mengaku memercayakan skema penyaluran itu kepala desa dan tidak mengimbau kepala desa wajib melakukan transfer.

Sesuai telekonferensi sebelumnya, Abdul mengatakan, penyalurannya BLT-Dana Desa dilaksanakan dengan metode transfer (cash less). Jadi setiap bulan, BLT-Dana Desa itu disalurkan melalui rekening bank seperti BNI, BRI dan Mandiri, dari Kepala Desa ke warganya.

Sementara itu, video Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sulawesi Utara, Sehan Salim Landjar, viral di media sosial. Sehan Landjar geram karena mekanisme pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah pusat dianggap sulit.

Sementara itu, video berdurasi 2.20 menit tersebut viral di media sosial. Bupati Sehan Salim Landjar viral gara-gara dirinya mengamuk sampai berkata-kata keras tentang mekanisme Bantuan Langsung Tunai (BLT-Dana Desa) melalui transfer, yang dikeluarkan Abdul.

“BLT-nya kapan? masih mau buka-buka rekeninglah, inilah, kriteria macam-macam. Negeri sudah mau bangkrut menteri-menteri masih pada ngeyel semua. Yang BLT ini lapar, dia yang paling miskin sekarang. Uangnya nggak tahu mau kucur kapan?,” ucap Sehan dalam video itu. (***)