Cuaca Cerah, 19 Napi 'Terbang' ke Nusakambangan Pakai Hercules TNI -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Cuaca Cerah, 19 Napi 'Terbang' ke Nusakambangan Pakai Hercules TNI

editor: rolly_sondakh
Kamis, 16 April 2020

(Foto capture Video)



Manado, KOMENTAR.ID 


Kementerian Hukum dan HAM memindahkan 19 narapidana dari Lapas Kelas IIA Manado ke Lapas Nusakambangan. Belasan napi yang ditetapkan sebagai dalang kerusuhan Sabtu (11/4/2020), di Lapas Manado itu, diberangkatkan ke LP Nusakambangan, Kamis (16/4/2020) pagi menggunakan pesawat Hercules milik TNI. 

Pengiriman yang dilakukan Kanwil Kemenkum HAM Sulut ini bertujuan agar kasus kerusuhan Lapas Klas IIA Manado tidak terjadi lagi dan berimbas ke lapas dan rutan lainnya.

Kepala Divisi Pemasyarakatan / Kadiv Pas Kanwil Kemenkum HAM Sulut Edy Hardoyo membenarkan hal pemindahan napi tersebut. 

“Benar ke 19 Narapidana yang menjadi otak kerusuhan Lapas Klas IIA Tuminting Manado yang terjadi Sabtu (11/04/2020) lalu sudah di kirim ke Lapas Khusus Nusakembangan tadi pagi Kamis (16/04/2020) menggunakan pesawat Hercules”, katanya.

19 narapidana dari kasus narkoba dan napi kasus pembunuhan yang divonis seumur hidup. 

Semula kata Hardoyo, hanya 18 orang.  Setelah dikembangkan lagi, 1 orang terbukti menjadi otak kerusuhan sehingga menjadi 19 orang.

“Memang butul, sebelumnya hanya 18 orang yang terbukti kuat sebagai dalang kerusuhan waktu itu. Namun setelah dikembangkan kembali, 1 orang napi akhirnya tidak bisa mengelak dan dinyatakan terlibat sebagai otak kerusuhan sehingga menjadi 19 orang," beber dia.

Sebelum dikirim ke Lapas Khusus Nusakembangan, 19 narapidana tersebut sehari sebelumnya (Rabu, 15/4/2020) dititip di Lapas Klas IIA Manado 6 orang dan Rudenim Malendeng Manado 13 orang.

Pengiriman 19 napi ini mendapat pengawasan dari aparat TNI – Polri.

(*)