Bawaslu Minsel Nilai Pilkada Ditunda Adalah Keputusan yang Tepat -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Bawaslu Minsel Nilai Pilkada Ditunda Adalah Keputusan yang Tepat

editor: komentar.id
Kamis, 02 April 2020

Anggota Bawaslu Minsel, Franny Sengkey. (foto: istimewa/komentar.id)

Amurang, KOMENTAR.ID

KPU RI mempertimbangkan untuk menunda pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan tanggal 23 September 2020. Wacana tersebut mengemuka dengan adanya pandemi Virus Corona di negara ini.

Menanggapinya, Anggota Bawaslu Minsel Franny Sengkey menilai, skenario bakal ditundanya pilkada serentak 2020 sudah sangat tepat dan rasional. 

Ini mengingat pelaksanaan pilkada dan pengawasan tidak maksimal dan efektif dipaksakan di tengah wabah Covid-19.

“Banyak kegiatan KPU dan Bawaslu melibatkan interaksi dengan orang banyak, sementara itu pemerintah juga melarang melakukan interaksi dengan banyak orang dalam situasi ini. Jadi sudah tepat bila nantinya pilkada ditunda,” ujar Sengkey kepada wartawan via telepon, Kamis (02/04/2020).

Menurutnya, anjuran work from home dari pemerintah selama masa pandemi corona juga membuat tahapan demi tahapan pilkada tidak bisa dilaksanakan. Bawaslu juga tak akan maksimal melakukan pengawasan selama situasi belum normal.

“Ada tahapan yang sudah harus dilakukan dan diawasi seperti bulan Juni 2020 adalah tahapan pendaftaran pasangan calon oleh partai ke KPU dan Juli adalah tahapan penetapan calon. Situasi ini sangat tidak memungkinkan bila dilihat dengan perkembangan Covid- 19 di daerah ini,” tukasnya.

(kid)