Apresiasi Pemerintah Pusat, Tetty Imbau Masyarakat Minsel Seger Daftar Kartu Prakerja -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Apresiasi Pemerintah Pusat, Tetty Imbau Masyarakat Minsel Seger Daftar Kartu Prakerja

reporter: roger_pelealu
Minggu, 12 April 2020



Amurang, KOMENTAR.ID

Program pemerintah pusat melalui siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia NO. HM.4.6/45/SET.M.EKON.2.3/04/2020, yang dikeluarkan di Jakarta pada 11 April 2020, prihal pendaftaran Kartu Prakerja bagi seluruh masyarakat Indonesia, diapresiasi pemerintah daerah.

Salah satunya Pemkab Minahasa Selatan. Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Dr Christiany E Paruntu SE pun mengharapkan agar masyarakat Minsel untuk segera mendaftar melalui situs online.

"Program Kartu Prakerja ini adalah program bantuan biaya pelatihan dan insentif bagi para pekerja, pencari kerja, serta pelaku usaha mikro dan kecil yang kehilangan pekerjaan dan/atau mengalami penurunan daya beli akibat pandemi Covid-19, serta berusia minimal 18 tahun. Segera daftar melalui situs resmi www.prakerja.go.id," kata bupati yang akrab disapa Tetty kepada Komentar.ID, Minggu (12/4/2020).

"Terima kasih untuk Presiden Jokowi melalui instansi terkaitnya, karena program ini begitu sangat diharapkan oleh masyarakat Indonesia," ujar Tetty melalui komunikasi daring.

Dari Kartu Prakerja itu, Tetty pun mengatakan bahwa setiap penerimanya akan mendapatkan paket manfaat senilai Rp 3.550.000. Rinciannya, Rp 1 juta biaya pelatihan, Rp 2,4 juta uang saku dan Rp 150 ribu untuk uang survei.

"Jadi untuk masyarakat Minsel, silahkan segera mendaftar. Tetap jaga kesehatan dan jangan lupa pakai masker," pesannya.


TAHAP PENDAFTARAN

  • • Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata, seperti nama, tempat/tanggal lahir, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan sebagainya. Data akan diverifikasi ke Kementerian/Lembaga (K/L) terkait.

  • • Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama ±15 menit.

  • • Ketiga, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

  • • Setiap minggunya, mulai hari ini (11 April 2020) sampai minggu ke-4 November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164 ribu peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu.

  • • Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya. Sampai akhir 2020, direncanakan akan ada lebih dari 30 gelombang pendaftaran.

***