Terdakwa tidak Perlu Hadir di Pengadilan, PT Manado Minta PN Terapkan Sidang Jarak Jauh -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Terdakwa tidak Perlu Hadir di Pengadilan, PT Manado Minta PN Terapkan Sidang Jarak Jauh

editor: komentar.id
Senin, 30 Maret 2020

Proses sidang jarak jauh mulai diterapkan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di daerah ini. (Istimewa/Febri K)

Manado, KOMENTAR.ID

Ketua Pengadilan Tinggi (PT) Manado H Arif Supratman SH MH meminta seluruh pengadilan negeri (PN) di Sulawesi Utara untuk mulai menerapkan kegiatan sidang jarak jauh.

Menurutnya, dalam proses persidangan jarak jauh, terdakwa tidak perlu dibawa ke ruang persidangan.

“Terdakwa menjalani proses sidang dari lapas atau rutan saja. Sidang jarak jauh, kita pakai teknologi teleconference,” ujar Supratman kepada sejumlah wartawan dalam konferensi pers di Kantor Pengadilan Tinggi Manado, Senin (30/03/2020) siang.

Menurutnya, imbauan ini dilakukan guna menindaklanjuti instruksi pemerintah terkait social distancing dalam rangka memutus penyebaran Corona Virus Disease atau Covid-19.

Jumpa Pers di Kantor Pengadilan Tinggi Manado, Senin (30/03-2020). (Istimewa/Febri K)

Supratman menjelaskan, metode persidangan jarak jauh dilakukan untuk melindungi terdakwa, para hakim, penasehat hukum termasuk pihak keluarga atau orang yang berhubungan dengan terdakwa.

“Sekali lagi dengan melihat situasi saat ini, rasanya sangat pantas kita mengikuti standar protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19,” kata Supratman.

Selain menerapkan sidang jarak jauh, PT Manado juga melaksanakan social distancing untuk layanan umum, sesuai protokol yang ada.

“Untuk panitera pengganti, pejabat fungsional dan staf melaksanakan work from home secara bergiliran. Sedangkan hakim tinggi bekerja bergilir maksimal dua hari, dan untuk pimpinan, eselon dua eselon tiga dan panitera muda tetap melaksanakan tugas seperti biasa,” ungkapnya.


Sedangkan untuk masyarakat pencari keadilan di PT Manado disarankan bisa menggunakan saluran media melalui website www.pt-manado.go.id atau mengunjungi laman media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter.

Diketahui, gelaran jumpa pers di Kantor Pengadilan Tinggi Manado, Senin (30/03-2020) siang tadi, digelar secara singkat.

Di mana sebelumnya para wartawan yang mengikuti kegiatan itu disemprot desinfektan, menggunakan masker serta duduk cukup berjauhan.

(kid)