Tegas, Bitung Terapkan Semi Lockdown, Begini Penjelasan Max Lomban -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Tegas, Bitung Terapkan Semi Lockdown, Begini Penjelasan Max Lomban

editor: hut_kamrin
Senin, 30 Maret 2020

Rapat Pemkot Bitung bersama TNI-Polri, Senin (30/3/2020). Foto: Hut Kamrin/KOMENTAR. ID

Bitung, KOMENTAR.ID —
Pemerintah Kota Bitung mengambil langkah tegas terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19. Bitung segera menerapkan semi lockdown, yakni menutup jalur darat dan laut menuju kota tersebut.

Walikota Bitung Max J Lomban menjelaskan, upaya itu dilakukan khusus bagi warga dari luar Kota Bitung.

"Pertama pintu masuk laut, sesuai surat Dirjen Perhubungan Laut, kita boleh melakukan pembatasan kalau daerah melakukannya. Besok kita akan menyurat ke Menteri Perhubungan, mengenai rencana dua atau tiga hari ke depan, yang akan membatasi orang masuk ke Kota Bitung melalui kapal penumpang,” jelas Lomban, usai rapat bersama Forkopimda, Senin (30/3/2020).

Pemkot bermaksud membatasi atau melarang kapal penumpang masuk Bitung, kecuali kapal barang atau pengangkut logistik. “Untuk ABK kapal diatur sebagaimana protokol kesehatan yang berlaku,” tegas Lomban.

Selain itu, beberapa jalan darat masuk ke Kota Bitung bakal ditutup untuk umum. Dan menerapkan satu jalan masuk dengan penjagaan instansi terkait. "Kita akan menutup tiga pintu masuk, yang dibuka hanya Kelurahan Sagerat. Kita akan menggunakan standar protokol dari Dinas Kesehatan dan dibantu aparat TNI dan Polri,” ungkap Lomban.

Mengenai anggaran pencegahan virus Corona, Lomban mengingatkan pemerintah hati-hati dan efisien menyiapkan infrastuktur termasuk bantuan masyarakat dari APBD 2020.

“Terdahulu saya geser, adalah anggaran yang sangat prioritas. Selain itu ada SKPD yang akan melakukan pergeseran anggaran secara bertahap. Tanggal 14-17 Maret 2020, seperti BPBD, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfo,” papar Lomban.

Ia menambahkan, pergeseran anggaran sudah diproses. Itu mencapai Rp8 miliar lebih hampir Rp9 miliar. Sekda juga telah menyampaikan pergeseran anggaran ini ke DPRD," pungkas Lomban.(and)