Penyuluh Agama Katolik Sosialisasi APP 2020 di Rutan Manado -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Penyuluh Agama Katolik Sosialisasi APP 2020 di Rutan Manado

editor: hut_kamrin
Kamis, 12 Maret 2020

Tim penyuluh Non PNS Bimas Katolik dan WBP Rutan Manado. Foto: Hut Kamrin

Manado, KOMENTAR.ID —
Bimbingan Masyarakat Katolik Kantor Kementerian Agama Kota Manado menggelar ibadah dan sosialisasi Aksi Puasa Pembangunan (APP) tahun 2020 di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIA Manado, Kamis (12/3/2020). Ibadah dan sosialisasi APP dipimpin Fransiskus Belawa Payong, S.Fils, salah seorang penyuluh Agama Katolik Non PNS Kemenag Kota Manado. 

Di hadapan sekitar 20 warga binaan yang hadir, Payong menjelaskan tentang latar belakang tema APP Keuskupan Manado tahun 2020 yaitu "Membangun Komunitas Ekonomi Yang Bermartabat" . 
Tema itu dirangkai dalam lima tema permenungan yang diangkat selama lima kali pertemuan, yaitu Melaksanakan Kehendak Bapa, Bercahaya Bagi Sesama, Bertobat dan Bersatu dengan Yesus, Solider dengan Sesama dan Membangun Komunitas Kerajaan Allah. 

"Masa Prapaskah bagi orang Katolik adalah masa penuh rahmat yang disediakan Gereja untuk membangun sikap tobat dengan pantang dan puasa serta melakukan perbuatan amal kasih secara nyata bagi sesama yang paling membutuhkan", jelas mantan Frater dari Misionaris Hati Kudus (MSC) itu. 

Terpisah, Penyelenggara Katolik Kemenag Kota Manado Drs. Salvatore Ponomban, M.Pd mengungkapkan, ibadah dan pendampingan iman terhadap warga binaan yang beragama Katolik merupakan program resmi kerja sama antara Rutan Malendeng dengan Bimas Katolik Kota Manado. Program tersebut melibatkan Penyuluh Agama Katolik Non PNS sebagai bentuk pelayanan kepada warga binaan rutan. 

Di akhir pertemuan, Venny Pangemanan, Koordinator WBP Katolik Rutan Malendeng berharap, ada pelayanan misa dari Pastor serta bentuk kegiatan pendampingan lainnya terhadap warga binaan. 

"Hari Rabu Abu kemarin, sebagai pertanda umat Katolik memasuki masa tobat dan masa Prapaskah, tidak ada pelayanan misa ataupun ibadah dari Pastor. Kami sangat berharap kalau bisa setiap minggu ada pelayanan dari Pastor bagi warga binaan, termasuk saat Jumat Agung dan Minggu Paskah nanti", pinta Pangemanan. (***)