Muncul Usulan ODSK di Kantor Bawaslu, Ini Kepanjangannya -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Muncul Usulan ODSK di Kantor Bawaslu, Ini Kepanjangannya

editor: hut_kamrin
04 Maret 2020

Baliho ODSK yang tertulis Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut. Foto: Sosmed

Manado, KOMENTAR.ID 

Pilkada Sulawesi Utara 2020 ditandai ‘hujan’ atribut bakal calon (balon). Ribuan baliho bertebaran di jantung kota, jalan raya, kawasan bisnis, dan infrastruktur publik lainnya. 

Di tengah guyuran baliho Pilkada, ada fenomena ODSK di berbagai perkantoran dan instansi pemerintah.  Tak terhindar di seragam siswa setingkat Sekolah Dasar (SD). 

Belakangan, muncul ODSK-ODSK dengan aneka kepanjangannya. Ada Oikumene Damai Sukseskan Kerukunan (ODSK). Yang terkini, Optimalisasi Didikan Sekolah Kita (ODSK). 

Datang usulan terbaru ke produsen ODSK agar mengorbitkan atribut dengan kependekan serupa untuk dipasang di kantor penyelenggara Pilkada, KPUD, Bawaslu Sulut, PPK dan Panwascam se-Sulut.

Usulan yang dianggap relevan yakni Operasi Daerah Selesaikan Kecurangan (ODSK), yang memungkinkan untuk dipasang seukuran 
4 x 3 meter di kantor Bawaslu dan semua Panwascam se-Sulut.

“Itu juga komitmen yang baik untuk meningkatkan mutu Pilkada kita. Secara teknis, huruf ODSK diberi warna merah supaya mengingatkan Bawaslu agar benar-benar fokus dalam menjalankan fungsi pengawasan,” ungkap aktifis Sulut Donny Daniel Lasut, Rabu (4/3/2020), kepada KOMENTAR.ID. 

Lantas apa relevansi yang lebih mengikat dan kontekstual antara ODSK dengan obyek yang menyemat jargon tersebut?

Sejumlah kalangan menanggapi normatif, karena ODSK merupakan penegasan komitmen kerja Olly Dondokambey -Steven Kandouw (OD-SK), yakni Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK).

“Itu kan bukan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (OD-SK) sebagai kontestan pilkada. Tapi program Gubernur-Wakil Gubernur tanpa embel-embel politik,” kata Valentino Sembung, pemuda Minahasa Utara.

***