Lima Negara Ini Umumkan Kasus Corona di Hari yang Sama -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Lima Negara Ini Umumkan Kasus Corona di Hari yang Sama

editor: hut_kamrin
Selasa, 03 Maret 2020

Ilustrasi Covid19 atau virus Corona

Jakarta, KOMENTAR.ID —
Serangan virus Corona atau yang disebut Covid19 hampir bersamaan di sejumlah negara. Indonesia salah satu negara yang mengumumkan kasus Corona bersama empat negara lain, pada Senin (2/3/2020). 

Berikut ini informasi lengkap beberapa negara yang mengonfirmasi kasus virus corona pada hari ini:

1. Indonesia
Presiden Jokowi mengumumkan kasus pertama virus corona yaitu dua orang Indonesia yang positif terjangkit penyakit Covid-19.

Kedua orang tersebut terkait dengan WN Jepang yang terdeteksi saat meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.
Kedua orang tersebut merupakan ibu dan anak. Sang ibu berusia 64 tahun dan putrinya berusia 31 tahun. Menteri Kesehatan RI Terawan mengatakan keduanya tinggal di daerah Depok.

Sementara itu, terkait kasus positif ini, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono mengonfirmasi bahwa 73 orang kini dalam pemantauan.
Ke-73 orang tersebut merupakan petugas medis di mana kedua orang tersebut sempat berkunjung untuk melakukan pemeriksaan.

2. Skotlandia
Kasus pertama virus corona telah diumumkan di Skotlandia usai seorang pasien didiagnosis baru-baru ini bepergian dari Italia.

Melansir dari BBC, pasien berasal dari daerah Tayside yang kemudian dites positif dan menerima perawatan secara terpisah di rumah sakit.
Saat ini orang-orang yang berhubungan dekat dengan pasien tersebut tengah dilakukan pelacakan.
Menteri Utama Nicola Sturgeon mengatakan bahwa Skotlandia siap menghadapi wabah yang signifikan tersebut.

3. Andorra
Andorra, baru saja mengumumkan kasus infeksi virus corona pertamanya hari ini Senin (02/03/2020).
Melansir dari Reuters, pasien tersebut yakni seorang pria berusia 20 tahun dengan gejala ringan. Pasien tersebut baru-baru ini berada di Italia.
Tes yang dilakukan menunjukkan hasil positif dan pasien akan melakukan tes lanjutan, serta lingkaran dekat pasien tersebut juga akan dipantau.

4. Portugal
Negara ini mengonfirmasi dua kasus pertama virus corona pada Senin (2/3/2020).
Melansir dari Reuters sebagaimana dikutip dari saluran televisi SIC, kasus tersebut adalah seorang pria yang baru-baru ini pergi ke Italia.
Sementara kasus yang lain adalah seorang pria yang baru saja kembali dari Spanyol.
Keduanya dibawa ke rumah sakit di Porto.

5. Yordania
Negara Yordania mengonfirmasi pada hari Senin kasus infeksi pertamanya. Hal tersebut dikonfirmasi oleh kantor berita Petra. 
Melansir dari Xinhuanet laporan tersebut mengatakan pasien yang terinfeksi adalah seorang warga Yordania yang baru saja tiba di Italia. Warga tersebut telah dikarantina beberapa hari usai kedatangannya. Ia kemudian dibawa ke Rumah Sakit Pangeran Hamzah. 

Hingga Senin (2/3/2020), total sudah ada 69 negara yang mengonfirmasi kasus infeksi virus corona.
Secara global, mengutip data data dari thewuhanvirus.com, jumlah infeksi virus corona sebanyak 89.827 kasus dan jumlah kematian sebanyak 3.051 kematian. Sementara jumlah yang sembuh adalah sebanyak 45.202 orang. (***)