KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Gelar Pelantikan PPK -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Gelar Pelantikan PPK

editor: dax_dacko
Selasa, 03 Maret 2020

Ketua KPUD Boltim Rahman Jamal Iroth melantik Anggota PPK se-Kabupaten Boltim, di Suranraja Hotel Kotamobagu, Sabtu (29/02-2020). (Foto: Daud Timpal/Komentar.ID)

Kotamobagu, KOMENTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) melantik 34 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Pelantikan PPK dilakukan Ketua KPUD Boltim Rahman Jamal Iroth disaksikan seluruh Komisioner KPU termasuk jajaran Panwaslu, Pemerintah dan TNI-Polri, di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Sabtu (29/02-2020).

PPK yang dilantik sebelumnya telah mengikuti tahapan seleksi yang dilaksanakan sejak 15 Januari sampai 14 Februari 2020.

Ketua KPUD Boltim Jamal Iroth menandatangani berita acara pelantikan. (Daud Timpal/Komentar.ID)

Ketua KPU Boltim Jamal Rahman Iroth dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada PPK terpilih yang telah dilantik dan diambil sumpah.

Kata Jamal, Proses perekrutan telah selesai, begitu juga dinamika antara anggota PPK yang lalu, juga telah selesai.

“Saat ini kalian bagian dari keluarga besar KPU sebagai penyelenggara tahapan Pilkada tahun 2020. Kami mengucapkan selamat kepada teman-teman PPK yang baru saja mengikuti proses sumpah dan janji,” sebut Iroth.

Jajaran PPK se-Kabupaten Boltim yang telah resmi dilantik. (Daud Timpal/Komentar.ID)

Usai pelantikan para anggota PPK melanjutkan dengan pembekalan karena menurutnya tahapan pilkada sudah berjalan baik, termasuk tahapan penerimaan berkas pendaftaran calon perseorangan maupun rekrutmen badan adhock, juga sudah dilakukan.

“Kita baru saja menggelar tahapan penerimaan berkas pendaftaran calon perseorangan namun tidak ada yang datang mendaftar, saat ini perekrutan PPS sedang berjalan,” kata Jamal Rahman.

Sementara itu Komisioner KPU Provinsi Sulut Yessi Momongan mengatakan dalam catatan pemilu, KPU Boltim punya sejarah penyelenggara yang diberhentikan, sehingga dirinya menekankan kepada penyelenggara untuk bekerja sesuai aturan.

Komisioner KPU Sulut Yessy Momongan saat menyampaikan sambutan. (Daud Timpal/Komentar.ID)

Ia juga menyampaikan pentingnya penyelenggara KPU bersama media sebagai mitra kerja dalam mensukseskan Pilkada Serentak  2020.

“Kurangi penggunaan medsos apalagi melakukan foto selfi angkat tangan dengan jari yang kebetulan nomor urut calon yang pernah terjadi di salah satu daerah. Proses PKPU 25 yang sekarang diikuti dengan PKPU 08 menjadi tantangan tersendiri,” sebutnya.

Momongan juga mengingatkan, peran media masa sangat penting dan tidak bisa diabaikan.

“Sehebat apapun kita, teman-teman media punya peran memberitakan yang terbaik terkait tahapan di dalam penyelenggaran dan menyampaikan informasi kepada masyarakat,” kata Momongan.

“Jadi jika mereka paham terkait tahapan, maka sosialisasi kita akan sesuai target. KPU Boltim untuk tingkat kesadaran pemilih bisa mencapai 92 persen pemilih, sehingga kerja sama media harus menjadi prioritas dan diutamakan sesuai kebijakan dan peraturan yang berlaku,” sebut Momongan.

Foto bersama seusai pelantikan. (Daud Timpal/Komentar.ID)

Turut hadir dalam pengambilan sumpah janji dan pelantikan PPK terpilih, Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara Yessy Momongan, seluruh komisioner KPU Boltim, Ketua Panwaslu Boltim Harmoko Mando, Kapolres Boltim AKBP Irham Halid SIK, Bupati Boltim Sehan Landjar SH diwakili Asisten I Priamos SH, Kaban Kesbangpol Udel Simbala SPd sejumlah camat serta, Perwakilan Dandim BMR dan tokoh agama.


(advertorial)