Instruksi GSVL, Dinsos-PD Pasar Manado Buka Dapur Umum di Kelurahan Mahawu -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Instruksi GSVL, Dinsos-PD Pasar Manado Buka Dapur Umum di Kelurahan Mahawu

editor: steward_ruslan
Selasa, 03 Maret 2020

Tim Tagana Dinsos dibantu aparat Pol PP Manado menyiapkan bahan makanan di dapur umum Kantor Lurah Mahawu, Selasa (03/03-2020). (Steward/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Pemerintah Kota Manado bergerak cepat dengan mendirikan dapur umum pascabanjir di Kelurahan Mahawu, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Senin (02/03-2020). 

Dapur umum itu dibangun Dinas Sosial Manado, Tagana, PD Pasar Manado dan pihak Kelurahan Mahawu, atas instruksi Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL), Selasa (03/03-2020).

Taufik Nusi selaku Wakil Ketua Tagana menuturkan, di hari pertama dapur umum menyediakan makanan siap saji sebanyak 1000 bungkus lebih. 

“Untuk pasokan makanan siap saji siang hari sudah salurkan berupa ikan kaleng dan mie instan sebanyak 1000 lebih untuk tiga kelurahan yang terkena dampak banjir,” tuturnya di lokasi dapur umum, Kelurahan Mahawu, Kecamatan Tuminting, Selasa (03/03-2020).

Kesibukan di dapur umum terus nampak hingga menjelang malam ini. (Steward/Komentar.ID)

Ia juga menambahkan Tagana terus berkoordinasi dengan pihak PD Pasar Manado yang sudah turut membantu dalam penyiapan makan mentah untuk dikelola dapur umum. 

“Sampai saat ini kami masih terus berkoordinasi dengan pihak PD pasar dan beberapa pihak untuk penyediaan di dapur umum,” ujarnya. 

Terpantau, di dapur umum saat ini perangkat kelurahan serta Tagana Manado mulai menyiapkan makanan untuk malam hari. 

Nada yang sama juga terdengar dari Lurah Mahawu Sidik Moha. Ia menuturkan dapur umum disediakan untuk masyarakat yang terkena bajir dibeberapa lingkungan. 

“Semua bantuan dari para donasi makan siap saji air bersih semua akan dinagikan para masyarakat dan menjadi tugas para kepala lingkungan untuk membantu penyaluran," tutup Moha. 

Diketahui, hujan deras yang terjadi kemarin menyebabkan tujuh kelurahan di Kecamatan Tuminting terdampak banjir.

Tujuh kelurahan itu yakni Kelurahan Tuminting tepatnya di lingkungan 6, Kelurahan Sumompo lingkungan 1 dan 2, kemudian Kelurahan Mahawu lingkungan 3,4 dan 5. 

Lalu, Kelurahan Bitung Karangria lingkungan 4, Kelurahan Islam lingkungan 2 serta Kelurahan Tumumpa lingkungan 1 dan 4.

***