Hoaks Data Covid-19 Beredar: Diskominfo Manado Imbau Warga Cek Website Resmi -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Hoaks Data Covid-19 Beredar: Diskominfo Manado Imbau Warga Cek Website Resmi

editor: komentar.id
Minggu, 29 Maret 2020

Kadis Kominfo Kota Manado, Erwin Kontu SH. (File Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Pemerintah Kota Manado baru saja meluncurkan website resmi terkait Informasi dan Koordinasi Covid-19, yakni: covid19.manadokota.go.id.

Sejak dilaunching Sabtu 28 Maret 2020 kemarin, laman website ini sudah diakses lebih 5612 pengunjung. 

Namun sayang, sejumlah oknum mulai memanipulasi tabelisasi data dalam laman tersebut sehingga menjadi informasi tidak benar alias hoax. 

Di WAG dan Facebook, beredar data hoax hasil capture rekapitulasi per kecamatan covid19.manadokota.go.id. 


Di mana pada tabel kabar hoax, dituliskan status PDP positif Covid-19 di Manado telah mencapai 23 orang. Pelaku secara sengaja memindahkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) ke tabel PDP Positif. 


“Sayangnya pelaku hoax melupakan rekapitulasi tabel tampilan memiliki database tersendiri dalam sistem sehingga dengan mudah dapat menjadi indikator tampilan asli dan tampilan hoax,” kata Kepala Dinas Kominfo Manado Erwin Kontu melalui Kepala Seksie Franky Mocodompis, sebagaimana postingan FB-nya, Minggu (29/03/2020). 

Kejadian ini menurut dia sangat disesalkan. Sebab selain menyesatkan, informasi ini dapat menimbulkan kepanikan bagi warga yang dicantumkan jumlah pasien positif di luar fakta sebenarnya. 

Franky Mocodompis, Kepala Seksie Infrastruktur dan Teknologi Diskominfo Manado. (File Komentar.ID)

Oleh karenanya dia mengimbau warga yang membutuhkan informasi soal posisi status secara resmi, agar dapat menghubungi call center 112 atau petugas puskesmas atau aparat pemerintahan di wilayah.

Selain itu, mengunjungi laman covid19.manadokota.go.id secara up to date, juga bisa menghindari informasi hoax terkait prosentase data Covid-19 di Kota Manado.

Diketahui, meski baru sehari dilaunching, laman website ini sudah diakses lebih dari 5612 pengunjung.

Pengakses bukan cuma warga di Kota Manado, melainkan terdeteksi dari sejumlah negara, yakni Malaysia, Amerika Serikat dan negara lainnya.

Sedangkan data yang diproduksi dan ditampilkan dalam laman website tersebut adalah hasil koordinasi dan kerjasama Dinas Kominfo Kota Manado, Bapelitbangda dan Dinas Kesehatan.



(Advertorial)