Hadir dan Menyapa Warga Hingga Pelosok, Bawaslu Sulut Dorong Pengawasan Partisipatif -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Hadir dan Menyapa Warga Hingga Pelosok, Bawaslu Sulut Dorong Pengawasan Partisipatif

editor: Jandry Kandores
12 Maret 2020

Pimpinan Bawaslu Sulawesi Utara Supriyadi Pangellu didampingi Anggota Bawaslu Minut Rahman Ismail (kiri), dalam perjalanan menuju Pulau Kinabuhutan, Likupang, Minahasa Utara. (Istimewa/*)

Minut, KOMENTAR.ID

Badan Pengawas Pemilihan Umum Sulawesi Utara terus bekerja maksimal menyambut Pilkada Serentak 2020.

Salah satu yang dilakukan adalah terus mendorong tingkat pengawasan partisipatif masyarakat agar pengawasan pilkada serentak menjadi makin optimal.

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu SH mengatakan, pengawasan partisipatif penting dioptimalkan, terutama dalam mengawasi pemilu di ruang privat yang tidak tersentuh oleh oleh pengawas pemilu. 

“Masyarakat adalah pemegang kedaulatan tertinggi di negara demokrasi ini. Karenanya keterlibatan masyarakat dalam pengawasan sangat diperlukan,” kata Adi, sapaan akrabnya via WhatsApp, Kamis (12/03-2020).

Dalam menjalankan fungsi pengawasan pemilu, Bawaslu menurutnya sangat membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat. Harapannya, pilkada serentak dapat terselenggara dengan baik dan berkualitas.


“Pengawasan partisipatif di atur dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Pasal 448 ayat (3). Nah di Sulut, kami hadir menjalankan sosialisasi pengawasan partisipatif hingga ke pelosok daerah termasuk menyeberang pulau untuk menyapa, memberikan informasi dan edukasi sekaligus mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menjadi agen pengawasan, melalui pengawasan partisipatif,” tukas Adi di sela perjalanannya menuju Pulau Kinabuhutan Kecamatan Likupang Barat Minahasa Utara.

(kid)