Dua WNI Positif Corona, Berikut Penjelasan Presiden Jokowi -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Dua WNI Positif Corona, Berikut Penjelasan Presiden Jokowi

editor: jandry_kandores
02 Maret 2020

Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan RI dr Terawan. Foto: Google Image
Jakarta, KOMENTAR.ID —

Presiden Jokowi mengumumkan, ada dua orang di Indonesia yang positif terjangkit virus corona. Jokowi menyampaikan, dua Warga Negara Indonesia (WNI) itu tersebut sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

Warga Jepang itu terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia. Tim Kemenkes pun langsung melakukan penelusuran. 

"Orang Jepang ke Indonesia bertamu siapa, ditelusuri dan ketemu. Ternyata orang yang terkena virus corona berhubungan dengan dua orang, ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun," kata Jokowi, Senin (2/3/2020).
"Dicek dan tadi pagi saya dapat laporan dari Pak Menkes bahwa ibu ini dan putrinya positif corona," tutur Presiden. 

Setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan 2 WNI di Depok positif virus corona, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengecek ke RSPI Sulianti Suroso pada Senin (02/03/2020).
Adapun 2 orang yang dimaksud adalah seorang ibu yang umurnya 64 tahun, dan putrinya 31 tahun.

Malaymail memberitakan, WN Jepang berusia 41 tahun positif Corona di negara tersebut. Ia disebut pernah berkunjung di Indonesia. 

Pemerintah juga membenarkan kedua WNI tersebut kontak dengan WN Jepang. Terawan menjelaskan keduanya masih dalam perawatan intensif, dan masih dalam kondisi batuk biasa.

Untuk itu pemerintah Indonesia meminta masyarakat tidak panik, dan tetap menjaga kesehatan diri sesuai petunjuk dari Kementerian Kesehatan.

Pasien ke 24 Malaysia diidentifikasi sebagai perempuan berkebangsaan Jepang berusia 41 tahun yang bekerja di Malaysia.
Terawan meminta media juga bekerja sama untuk memberitakan dengan benar, tanpa membuat panik ke masyarakat. (kid/Kompas.com)