Di Sulut, Lima Bupati/Walikota Ini Berpeluang Diganti Istri, Anak, dan Adik Sendiri -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Di Sulut, Lima Bupati/Walikota Ini Berpeluang Diganti Istri, Anak, dan Adik Sendiri

editor: hut_kamrin
Selasa, 10 Maret 2020

Lima kepala daerah incumbent di Sulawesi Utara, searah jarum jam: Vonnie Panambunan (Minut), Jimmy Eman (Tomohon), Vicky Lumentut (Manado), Christiany Paruntu (Minsel) dan Sehan Landjar (Boltim). (Kolase Foto Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Pilkada se-Sulawesi Utara (2020) menjadi panggung keluarga petahana (incumbent). Sejumlah kerabat incumbent atau bupati/walikota, bakal ikut memeriahkan kontestasi politik. 

Mereka adalah anak, istri dan adik kepala-kepala daerah yang saat ini sedang memimpin di kabupaten/kota. 

Berikut lima incumbent beserta anak-adik-istrinya yang sementara berusaha menaikan elektabilitas untuk bertarung di Pilkada Sulut:

1. Vonny Aneke Panambunan (VAP)-Shintia Gelly Rumumpe (SGR)


VAP saat ini bupati aktif Minahasa Utara, Sulut. Ia juga sementara bekerja meningkatkan popularitas, untuk merebut SK Nasdem sebagai kandidat Gubernur Sulut. Di Pilkada Minut, putrinya SGR, yang duduk sebagai Walil Ketua DPRD Minut sudah membawa pulang SK pencalonan dari Partai Nasdem.  SGR diprediksi akan melanjutkan kepemimpinan sang ibu, lantaran memiliki arus dukungan yang terus meningkat. Lawan cukup tangguh SGR yakni balon PDIP Joune Ganda. 


2. Christina Eugenia Tetty Paruntu (CEP)-Michaela Elsiana Paruntu (MEP)


CEP Bupati Minahasa Selatan (Minsel) dua periode. Ia juga Ketua Golkar Sulut. Pada Pemilu Legislatif 2019, CEP berhasil menempatkan putranya Adrian Joppy Paruntu di DPR RI. 
Pilkada Minsel 2020 ini, Golkar bakal mengusung adik CEP, yakni Mikha Elsiana Paruntu (MEP). Modal kebijakan populis CEP cukup meyakinkan publik Minsel untuk memilih MEP di Pilkada 2020. 

3. Jimmy F Eman - Jilly Gabriela Eman



Memiliki 10 kursi di DPRD Kota Tomohon, Golkar belum menentukan figur yang akan diusung. Friksi internal partai ditengara menjadi pemicu SK Golkar belum terbit. Walikota Tomohon Jimmy F Eman yang sudah memimpin dua periode dikabarkan ngotot mendorong si kecil Jilly Gabriela Eman,sekalipun di sana ada figur senior Micky Wenur dan incumbent Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan (SAS). 

4. GS Vicky Lumentut - Julyeta Paulina Amelia Runtuwene (JPAR)



Walikota Manado GS Vicky Lumentut sudah menjabat dua periode. Di Pilkada 2020 ini, GSVL mempersiapkan sang istri Prof Dr Paula Julyeta A Runtuwene (JPAR). Ada kemungkinan PJAR diusung Nasdem. Rektor Universitas Negeri Manado ini menjadi bakal kandidat yang terlampau kuat di mata kompetitor. 

5. Salim Sehan Landjar - Amalia Landjar



Bupati Bolaang Mongondouw Timur (Boltim) Salim Sehan Landjar juga sudah dua periode memimpin. Kini putrinya Amalia Landjar didorong maju Pilkada memakai kendaraan politik PAN. Jika kemudian PAN mampu menarik dukungan PDIP dengan skema PAN-PDIP, peluang Amalia melanjutkan kursi sang ayah terbuka lebar.

Diketahui, fenomena incumbent diganti kerabat sendiri bukan hal baru di Pilkada. Pada Pilkada Sitaro 2018, Bupati Evangelin Sasingen terpilih menggantikan suaminya Toni Supit yang sudah memimpin dua periode. 

Mantan Bupati Sitaro Toni Supit, posisinya kini diganti sang isteri Evangelin Sasingen. (Kolase Foto Komentar.ID)

“Semua orang berhak maju di Pilkada termasuk kerabat incumbent. Asalkan tidak melangkahi mekanisme undang-undang Pilkada,” kata pengamat politik Valentino Rumbayan SIP.  

***