Cegah Covid19, Ini yang Dilakukan Lapas Manado -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Cegah Covid19, Ini yang Dilakukan Lapas Manado

editor: hut_kamrin
Senin, 16 Maret 2020

Sosialisai pencegahan dan pengendalian Covid19 di Lapas Manado. Foto: Hut Kamrin / KOMENTAR.ID

Manado, KOMENTAR.ID —
Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Manado langsung menindaklanjuti edaran Kementerian Hukum dan HAM mengenai langkah pencegahan dan pengendalin ancaman Covid19 atau virus Corona. Lapas sudah menyosialisaikan ihwal Civid19 kepada pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP). 
WBP mengikuti sosialisasi Covid19 di Lapas Manado. Foto: Hut Kamrin / KOMENTAR.ID

“Selain WBP dan pegawai lapas, sosialisasi pencegahan dan pengendalian  Covid19 juga sudah dilakukan ke pengunjung tadi,” ujar Kepala Lapas Kelas IIA Manado Sulistyo Wibowo SIP, Senin (16/3/2020), via telpon seluler kepada KOMENTAR.ID. 

Dalam penjelasannya, Sulistyo menginformasikan, bahwa untuk sementara layanan besukan atau kunjungan keluarga WBP dihentikan hingga 30 Maret 2020 sesuai edaran Sekretaris Jenderal KemenkumHAM. “Kebijakan ini sudah dipahami semua WBP dalam sosialisasi dan mereka terima dengan baik,” tutur Sulistyo. 

Ia juga menambahkan, kendati layanan kunjungan dihentikan sementara waktu, WBP diizinkan menerima titipan keluarga berupa makanan atau kebutuhan yang diperbolehkan lapas. “Tentu ada teknis yang harus ditaati bersama. Tujuan kita untuk kebaikan dan keselamatan semua orang,” imbuh Sulistyo. 

Selain kebijakan mengenai kunjungan, Sulistyo mengingatkan WBP agar tetap menjaga pola hidup sehat. Termasuk kata dia, WBP perlu segera memeriksa kesehatan ke Poliklinik Lapas jika mengalami sakit. “Jaga kebersihan diri, kamar atau lingkungan dan istirahat yang cukup,” pesan Sulistyo. (***)