Cegah Covid-19, Sualang Minta Instansi Terkait Prioritaskan Rapid Test -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Cegah Covid-19, Sualang Minta Instansi Terkait Prioritaskan Rapid Test

editor: rolly_sondakh
Senin, 30 Maret 2020

Anggota DPRD Sulut Richard H Sualang. (File istimewa)


Manado, KOMENTAR.ID


Anggota DPRD Sulut Richard Sualang mengatakan, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Satgas Covid-19 untuk prioritaskan Rapid Test bagi orang yang berstatus ODP dan PDP di  Kota Manado. Itu dikatakan Sualang menyusul status ODP dan PDP di Kota Manado masuk cluster terbanyak hingga saat ini.

"Dinas terkait harus cepat mengambil langkah itu, yakni rapid test, karena Manado paling banyak PDP dan ODP. Sampai kini belum ada langkah itu dari dinas terkait khususnya Manado," ujar Sualang Senin (30/03/2020).

Menurut Sualang, harusnya ada sinergitas antara petugas dan unit layanan kesehatan guna memberikan jaminan kepada masyarat terkait dengan pencegahan covid-19. "Koordinasi serta sosialisasi kepada masyarakat yang penting, khususnya bagi yang PDP dan ODP untuk dilakukan rapid test," tutur Ketua DPC PDIP Manado itu.

Sualang sendiri menegaskan bahwa banyaknya keluhan dari masyarakat yang merasa tidak terlayani akibat instansi terkait lambat menerjemahkan instruksi dari pemerinta provinsi dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey. 

"Banyak keluhan dari masyarakat yang merasa tidak terlayani akibat lambatnya respon instansi soal penindakan serta pelayanan. Untuk itu satgas dan tim kesehatan harus memprioritaskan soal rapid test ini," tegas wakil ketua Bapemperda Sulut itu.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado Ivan Sumendah mengaku kalau saat ini belum ada yang namanya Rapid Test di Ibukota Provinsi Sulut. "Belum ada Rapid Test di Manado," singkat Ivan saat dihubungi media ini via telepon.

(*)