Waworuntu: Penertiban Pedagang di Pasar Bahu Manado, Sesuai SOP -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Waworuntu: Penertiban Pedagang di Pasar Bahu Manado, Sesuai SOP

editor: komentar.id
Jumat, 21 Februari 2020

Kasat Pol PP Manado, Yohanis B Waworuntu (kanan). (File Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Kritik mengenai penertiban pedagang di Pasar Bahu Manado yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja, Selasa (18/02-2020) lalu, mendapat tanggapan Kasat Pol PP Manado, Yohanis B Waworuntu.

Itu disebabkan sorotan miring yang dialamatkan kepada Kantor Pol PP atas tudingan arogansi dan tindakan di luar prosedur. 

Kepada Komentar.ID, Waworuntu menegaskan, pihaknya melakukan penertiban sesuai Standar Operasi Prosedur (SOP). 

Sebab, sebelum melakukan penertiban telah disosialisasikan sambil menggandeng LPM dan asosiasi pedagang setempat yang diawali dengan pertemuan.

"Dari hasil pertemuan disetujui LPM dan asosiasi pedagang setempat. Mereka berhasil memindahkan pedagang ke dalam bagian pasar yang disediakan. Hanya saja, ada sejumlah pedagang yang tidak mau pindah. LPM dan asosiasi angkat tangan terhadap pedagang yang tak mau pindah, sehingga meminta kami dari Satuan Pol PP untuk melakukan penertiban," jelas Waworuntu, di salah satu rumah kopi di Manado, Jumat (21/02-2020) siang.

YB Waworuntu diwawancarai siang tadi. (File Komentar.ID)

Langkah sosialisasi kata Waworuntu,  dilakukan sepekan sebelum penertiban. Selain menegakan aturan, ada upaya mencegah konflik dan kecemburuan sosial antarpedagang.

"Kami melakukan penertiban secara profesional dan terukur sesuai SOP. Sebelum adanya penertiban, upaya persuasif telah diambil agar tidak terjadi masalah," tandas Waworuntu.

Terpisah, Staf Khusus PD Pasar Manado Terry Umboh mengatakan, penertiban yang digelar Satuan Pol-PP penting untuk menetralisir pontensi konflik dan kecemburuan antarpedagang. 

“Karena sebagian pedagang sudah berinisiatif pindah ke lapak. Pedagang yang lain masih bertahan di luar. Kalau tidak diterbitkan akan timbul kecemburuan sesama pedagang. Itu yang harus dijaga," tegas Umboh.

(kid)