Tiga Kali Dilantik Sebagai Bupati Talaud, Elly Lasut Lebih dari Hebat! -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Tiga Kali Dilantik Sebagai Bupati Talaud, Elly Lasut Lebih dari Hebat!

editor: komentar.id
Rabu, 26 Februari 2020

REKOR: dr Elly Engelbert Lasut mencatat rekor tiga kali dilantik sebagai Bupati Talaud. (Kolase Foto Komentar.ID) 

Manado, KOMENTAR.ID

dr Elly Engelbert Lasut ME mencatat rekor baru dalam kancah perpolitikan kepala daerah tanah air. Dia, satu-satunya orang yang tiga kali dilantik sebagai bupati di tempat yang sama, Kabupaten Talaud.

Sejarah mencatat, Elly Engelbert Lasut familiar dengan jargon E2L pertama kali dilantik sebagai Bupati Talaud periode 2004-2009. Saat itu dia dipilih dan dilantik melalui lembaga terhormat DPRD Kabupaten Talaud, pada bulan Juli 2004. Elly berpasangan dengan Jimmy Jacob Bee sebagai wakil saat itu.

Elly Lasut usai dilantik sebagai Bupati Talaud periode 2004-2009. (Istimewa/Dok Pribadi)

Kemudian, kecintaan masyarakat di wilayah perbatasan, mendorong suami tercinta Telly Tjanggulung, kembali terpilih sebagai Bupati Talaud periode 2009-2014. Di bulan yang sama, Juli, Elly dilantik oleh Sinyo Harry Sarundajang (SHS) sebagai gubernur saat itu.

Elly terpilih secara langsung oleh masyarakat, melalui pilsung atau pemilihan langsung Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Talaud. Saat itu, ia berpasangan dengan Constantine Ganggali sebagai wakil bupati.

Elly Lasut disalami wartawan usai dilantik untuk periode 2009-2014, Juli 2009 silam.  (File Komentar.ID)

Di periode ini, Elly Lasut hanya menjabat sampai bulan Agustus 2010. Dia dinon-aktifkan karena tersangung persoalan korupsi. Wakilnya Constantine Ganggali, melanjutkan tongkat estafet sebagai bupati. Ganggali dilantik 1 September 2010 hingga akhir periode.

Kini, tepat pada hari ini, Rabu (26/02-2020), Elly Lasut untuk ketiga kalinya dilantik sebagai Bupati Talaud. Kali ini, dia berpasangan dengan Wakilnya Moktar Arunde Parapaga. 

Hebatnya, pelantikan ketiga ini dilakukan langsung Mendagri Tito Karnavian di Kantor Kementerian Dalam Negeri. Tito melantik langsung Elly-Moktar, karena Gubernur Olly Dondokambey enggan melantik dua pasangan pilihan rakyat Talaud ini.

Elly Lasut dan Moktar Parapaga masing-masing bersama istri sebelum dilantik Mendagri Tito Karnavian, Rabu (26/02-2020). Turut terlihat juga Bupati Minsel Tetty Paruntu. (Jun TS/Komentar.ID)

Dari Jakarta, kepada Komentar.ID, Elly mengaku bersyukur karena silang sengkarut yang dilaluinya bersama Moktar Parapaga, berujung manis. 

“Yah so begini, so dilantik, torang syukuri bersama. Ini awal for kita deng Pak Moktar untuk mengabdi, membangun sekaligus menjawab kerinduan masyarakat yang selama ini menanti pemimpin definitif, pemimpin hasil pilihan mereka. Torang bersyukur karena kebenaran sudah terjawab,” ungkap Elly Lasut via telepon.

Tiga kali dilantik sebagai bupati definitif di tempat yang sama, membuat nama Elly Lasut kian harum. Elly bahkan disebut-sebut lebih dari sekadar hebat. Tak cukup hanya hebat. 

(kid)