Terminal Liwas Belum Beroperasi, DPRD Manado Kroscek ke Kemenhub -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Terminal Liwas Belum Beroperasi, DPRD Manado Kroscek ke Kemenhub

editor: komentar.id
Senin, 24 Februari 2020

Personil Komisi III di Kantor Kemenhub RI, di Jakarta. (Istimewa/Komentar.ID)

Manado, KOMENTAR.ID

Terminal Tipe A Liwas di Kota Manado hingga kini tak kunjung dioperasikan. Hal ini membuat Komisi III DPRD Manado melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, Kamis dan Jumat (19-20/02), pekan lalu.

“Pada prinsipnya DPRD Manado melakukan kroscek atau berkoordinasi terkait terminal itu yang belum juga dioperasikan,” ujar Lucky Datau, Anggota Komisi III DPRD Manado.

Terminal Liwas diketahui merupakan fasilitas pemerintah yang menghabiskan dana APBN senilai lebih dari Rp12 miliar.

Menurut Datau, setelah mendapatkan penjelasan yang sangat detail dari Kepala Biro Perencanaan Kementerian Perhubungan RI, Robby Kurniawan, dapat disimpulkan sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi dan kota sangat dibutuhkan.

“Pemerintah pusat telah mengucurkan dana yang besar dan difasilitasi oleh pemerintah provinsi, maka pemerintah kabupaten/kota yang harus lebih proaktif menyiapkan fasilitas penunjang. Maka dari itu kami dari komisi III akan melakukan langkah-langkah koordinasi dengan instansi terkait yang ada di Pemkot Manado termasuk Pemkab Minut untuk akses jalan yang menjadi kendala,” ungkap Lucky Datau.

Lebih lanjut dia mengatakan, materi yang disampaikan tentang pembangunan Terminal Liwas ini sempat dipertanyakan adalah apakah pembangunannya berdasarkan kebutuhan atau keinginan. Karena permasalahan bisa timbul akibat dua faktor tersebut.

Komisi III DPRD Manado berharap, Terminal Tipe A Liwas ini bisa segera beroperasi sebagaimana yang diinginkan masyarakat.

“Yang sangat kami apresiasi dari pertemuan ini bahwa hari Sabtu, 22 Februari 2020 nanti, tim dari Kementerian Perhubungan yang dipimpin oleh Kepala Biro Perencanaan, Robby Kurniawan akan berkunjung melihat langsung ke lokasi Terminal Tipe A Liwas,” kata Lucky.

Kunker Komisi III DPRD Manado dipimpin ketua komisi Ronny Makawata didampingi wakil ketua komisi Lily Binti, Sekretaris Komisi Royke Anter serta anggota komisi Frederik Tangkau.

(kid)