Sudah 25 Pria di Manado Ikut Program KB, Siapa Menyusul? -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Sudah 25 Pria di Manado Ikut Program KB, Siapa Menyusul?

editor: komentar.id
Rabu, 19 Februari 2020

Seorang warga menjalani proses Vasektomi. (Ilustrasi/Istimewa/*)

Manado, KOMENTAR.ID

Jumlah pria mengikuti program keluarga berencana (KB) vasektomi di Kota Manado, mulai meningkat. Data sementara menyebut saat ini sudah ada 25 pria yang mengikuti salah satu program KB tersebut.

“Data tahun 2018 menunjukkan bahwa pria yang ikut program vasektomi hanya 16 orang, tapi di tahun 2019 ada 25 orang yang ikut program ini,” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kota Manado, Meisje Wolah di ruang kerjanya, Rabu (19/02-2020).

Menariknya lagi, beberapa di antara para peserta vasektomi datang atas inisiatif sendiri. “Artinya masyarakat mulai paham program ini penting,” sebutnya. Meski demikian, Wolah juga tidak menampik jika masih ada pria yang takut ikut program KB lantaran kuatir akan berpengaruh pada kualitas seksual mereka. 

“Sebetulnya itu merupakan pemikiran yang salah. Justru sebaliknya, dengan ikut program KB, pria semakin perkasa, dan tidak ada efek samping,” terangnya sembari menyebutkan program vasektomi gratis alias tidak dipungut biaya. 

Ia pun berharap di tahun 2020 jumlah pria yang ikut program vasektoni akan terus bertambah sehingga program “Bangga Kencana Dua Anak Lebih Sehat”, bisa terlaksana dengan baik.

Vasektomi diketahui adalah proses operasi pemotongan vas deferens, saluran berbentuk tabung kecil di dalam skrotum yang membawa sperma dari testikel menuju kelamin pria.

(kid)