Sehan Landjar: Soal Pulau Nenas, Silakan Tanya ke Provinsi! -->
Cari Berita

Advertisement

Translate

Berita Pilihan

Sehan Landjar: Soal Pulau Nenas, Silakan Tanya ke Provinsi!

editor: dax_dacko
Sabtu, 22 Februari 2020

Pulau Nenas di Kabupaten Boltim memiliki hemparan pasir putih yang indah. (Istimewa/*)

Boltim, KOMENTAR.ID

Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar SH ikut memberikan keterangan terkait kabar terjualnya Pulau Nenas ke boss Paramount Group.

Sehan mengaku tak tahu menahu dan masih mempertanyakan kebenaran kabar pulau pasir putih itu telah lepas ke pihak swasta. 

"Waktu itu saya sedang berada di Makasar dan saya juga kaget saat membaca media online. Pertama saya ingin katakan siapa yang menjual dan siapa yang membeli. Yang kedua bahwa pulau itu tidak dapat diperjualbelikan,” kata Sehan kepada wartawan, Jumat (21/02-2020).

Menurutnya, keberadaan pulau diatur dalam UU Nomor 27 tentang Zonasi Pantai dan Pulau-pulau Kecil.

Berkaitan dengan keberadaan pesisir pantai dan pulau-pulau kecil, menurut Sehan kewenangannya berada di Pemerintah Provinsi Sulut.

“Ini sesuai dengan Pasal 131 dan seterusnya ada pasal perubahan kewenangan yang ada di UU Nomor 23 tentang Pemerintahan Daerah. Nah seandainya itu benar maka yang perlu ditanyakan ke pemerintah provinsi yang membidangi Dinas Perikanan dan Kelautan apakah sudah terjual dan siapa pembelinyan,” sebut Landjar.

"Saya juga baru tahu saat baca di media online. Saya tidak tahu siapa yang menjual dan siapa yang membeli. Sebab di sana itu ada kebun rakyat. Kalau mungkin (kebun) itu yang dijual, nah kita tidak perlu mempersoalkan. Tapi kalau menjual pulau, itu tidak boleh karena dilarang dalam UU 27 tentang zonasi pantai,” jelas Sehan Landjar.

Dia menambahkan, pesisir pantai telah menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan sekarang tidak ada lagi zona 4 mil pemerintah daerah. Aturan ini lahir sejak UU Nomor 23 tahun 2014 terbit. Di situ ada pasal peralihan 131 dan seterusnya,” tukas Sehan Landjar.

Diketahui, berdasarkan informasi yang diterima Komentar.ID, Pulau Nenas yang memiliki luas lebih dari 100 hektar, hanya dijual dengan harga sekira Rp 4 miliar ke boss Paramount Group, Elizabeth Sindoro.

***